Adib Alfikri Diganjar Tokoh KIP, KI Sumbar Ungkap Alasannya

oleh -155 Dilihat

Padang, — Satu dari 12 penerima Achievement Motovation Award (Tokoh Keterbukaan Informasi Publik/KIP) 2021 dari KI Sumbar 6 Desember, Adib Alfikri. 

Sifat Acievement ini penerimanya tidak bisa diwakili tapi harus yang bersangkutan, sehingga itu anugerah Tokoh KIP 2021 diserahkan Komisi Informasi Sumbar kepada Adib Alfikri Jumat 24/12-2021.

Ketua Komisi Informasi Sumatera Barat (KISB) Noval Wiska menegaskan penetapan Adib jadi Tokoh KIP Sumbar 2021, tidak lepas dari motivasi dan semangatnya untuk membranding SMA dan SMK se Sumbar untuk terbuka informasi publik.

“Pak Adib mampu memotivasi dan memberi spirite kepada SMA dan SMK untuk bekerja menerapkan Keterbukaan Informasi Publik,” ujar Nofal Wiska.

Ketua KI Sumbar menegaskan Monev ke Badan Publik SMA/SMK karena sekolah adalah ujung tombak pelayanan.

“Selain itu KI Sumbar punya program go to school dalam rangka membangun jiwa dan menanamkan mindsite KIP kepada generasi penerus yang saat ini menuntut ilmu di sekolah,” ujar Nofal

Ketua Panitia Monev KI Sumbar Tanti Endang Lestari mengatakan AMP (acievement motivation person) kepada Adib Alfikri telah melewati penilaian terhadap rekam jejak Adib Alfikri.

“Dua tahun Monev KI kepada badan publik SMA/SMK, Pak Adib mampu memberikan kebijakan sehingga sekolah dengan kemampuan inovasi KIP-nya antusias untuk dinilai keterbukaan informasi publik,” ujar Tanti.

Adib Alfikri usai penyerahan plakat tokoh keterbukan informasi publik mengatakan beban baginya.

“Tapi meski beban tetap menjadi spirite bagi saya pribadi dalam kerja dan program harus bisa selalu menerapkan prinsip-prinsip KIP sesuai UU 14 Tahun 2008 tentang Keterbukaan Informasi Publik,” ujar Adib.

Adib mengakui ini luar biasa atas anugerah KIP disampaikan KI Sumbar.

“Saya yakin diberi anugerah KI telah melewati pertimbangan dan penilaian dari komisioner KI Sumbar yang saya tahu adalah orang profesional dalam memutuskan sesuatu,” ujar Adib.

Adib menegaskan untuk dinas dipimpunnya nya pada penilaian Monev KISB akan memberika kejuatan.

“Insya Allah 2022, Dinas Pendidikan untuk keterbukaan informasi publik dan Monev KISB tahun depan akan mengejutkan,” ujar Adib menbarkan ancaman. (kisb)