FJ-KIP

FJKIP Sumbar Gelar Workshop, Dorong Perangkat Nagari dan Desa Menuju Era Digitalisasi

0
Spread the love

Padang,—Forum Jurnalis Keterbukaan Informasi Publik (FJKIP) Sumatera Barat terus mematangkan persiapan pelaksanaan workshop keterbukaan informasi publik yang melibatkan peserta badan publik dari pemerintahan nagari serta para siswa sekolah.

Ketua Panitia Workshop Keterbukaan Informasi Publik Isa kurniawan dalam rapat kerja dengan anggota FJKIP Rabu sore (3/2) menyebutkan, workhsop bertujuan untuk memberikan pemahaman kepada perangkat nagari tentang intisari dari keterbukaan informasi publik.

“Bagaimana nagari/desa itu mampu membuka diri melalui digital.Karena era sekarang ya, era digitalisasi” ungkap Isa.

Dalam workshop ini dijelaskan Isa, perangkat nagari serta siswa sekolah yang nantinya menjadi peserta juga akan diberikan pelatihan bagaimana mengelola sebuah website yang akan di era digitalisasi ini memang sangat diperlukan.

Sementara itu dari segi konten berita yang ada di website itu, peserta akan diberikan pembekalan oleh para jurnalis senior yang sudah dikenal secara nasional seperti Pemimpin Redaksi Singgalang, Khairul Jasmi serta Wakil Ketua PWI Sumbar Eko Yance.

“Agar spirit keterbukaan tadi itu bisa masif karena sekarang orang sudah punya smartphone, melihat di hp.Kalau dulu perangkat nagari/desa memampang dalam bentuk baliho di depan kantor, sekarang kita arahkan ke digitalisasi” jelas Isa.

Pada pelaksanaannya nanti, workshop yang diselenggarakan oleh FJKIP akan tetap menerapkan protokol kesehatan yang ketat sebagai upaya memutus mata rantai penyebaran virus corona.

Para peserta sebelum memasuki ruangan, terlebih dahulu mencuci tangan di wastafel yang telah disiapkan, dicek suhu tubuhnya serta harus tetap menggunakan masker dan menjaga jarak selama acara.

Dalam persiapan workshop ini, FJKIP juga telah melakukan koordinasi dengan Sekretaris Komisi I DPRD Sumbar serta Kepala Dinas Pemberdayaan Masyarakat dan Desa (PMD).

Facebook Comments

You may also like

Comments

Leave a reply

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

More in FJ-KIP