Headline

Fokus Kembangkan Hilirisasi, Wagub Sumbar Tinjau Potensi Peternakan di Daerah

0
Spread the love

Padang, – Hilirisasi sektor pertanian menjadi perhatian penting Wakil Gubernur Sumatra Barat, Audy Joinaldy, dalam rangka peningkatan perekonomian masyarakat di Sumatra Barat.

Buah peninjauan ke beberapa lokasi pertanian dan peternakan di beberapa kabupaten kota di Sumatra Barat, Rabu (4/8/2021), Wakil Gubernur Sumatra Barat, Audy Joinaldy mengungkapkan perlunya proses hilirisasi di sektor pertanian Sumbar.

Disampaikan Audy, mayoritas pemerintah daerah terkadang hanya fokus dengan urusan hulu pertanian. Padahal sektor hilirnya juga tidak kalah penting, terutama dalam kaitannya peningkatan perekonomian masyarakat.

“Insya Allah kita juga akan coba garap hilir pertanian kita. Sektor pertanian ini luas. Ada peternakan di situ, ada perikanan, ada hortikultura juga. Artinya diversifikasi produk sebagai bentuk hilirisasi pertanian juga memiliki potensi yang sangat luas,” terang dia.

Audy mengungkapkan, dengan terjunnya Pemprov Sumbar di sektor hilir pertanian ini, akan memberikan domino efect yang positif. Karena bisa memberikan nilai tambah bagi produk-produk pertanian di Sumatra Barat, dan diharapkan pelaku usaha di sektor pertanian ikut terpacu dan terpancing untuk berinovasi dalam meningkatkan skala usaha mereka.

“Seperti yang sudah kita lihat di beberapa lokasi tadi. Di Lubuk Alung ada peternakan ayam dan bebek. Nah itu bisa dikembangkan lagi dengan produksi telur dan kompos misalnya. Padang Panjang punya peternakan sapi yang juga menghasilkan susu. Agam ada produksi susu dan keju yang kemudian juga merambah wisata edukasi. Ini semua bisa di-break down lagi, sehingga skala usahanya bertambah besar,” terangnya.

Dijelaskan Audy, dengan hilirisasi sektor pertanian, maka akan terbuka kantong-kantong pendapatan baru bagi pelaku usaha pertanian. Sekaligus berpeluang untuk menciptakan lapangan kerja dan lapangan usaha baru di sektor pertanian. Sehingga peluang peningkatan ekonomi masyarakat menjadi lebih besar dan merata.

“Pokoknya kami di Pemprov siap support. Melalui OPD terkait kita akan dukung semaksimal mungkin. Termasuk nanti dari Balitbang akan kita minta dukungannya untuk menghadirkan teknologi tepat guna yang efektif dan efisien bagi pelaku usaha di sektor pertanian,” tegas wagub. Dinas Kominfotik Sumbar

Facebook Comments

You may also like

Comments

Leave a reply

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

More in Headline