Gubernur Buka Langsung Cerdas Qur’an tingkat SD dan SMP se Sumbar

oleh -276 Dilihat

PADANG,— Gubernur Sumatera Barat (Sumbar) Mahyeldi Ansharullah membuka secara resmi lomba Cerdas Cermat Qur’an Tingkat SD, SMP dan sederajat se Sumbar yang diselenggarakan oleh Padang TV, Rabu (22/2/2023) di Aula Kantor Gubernur.

Gubernur Mahyeldi menilai kegiatan Lomba Cerdas Quran, sangat positif dalam rangka membumikan Al-Quran di Sumbar. Sekaligus untuk menguatkan Undang Undang no 17 tahun 2022 tentang Sumatera Barat yang memiliki nilai falsafah, adat basandi syara’, syara’ basandi kitabullah sesuai dengan aturan adat salingka nagari.

“Saya berharap melalui Kegiatan Lomba Cerdas Quran ini ke depannya akan terlahir generasi-generasi pembaca, pecinta, penghafal dan pengamal Al-Quran dalam kehidupan sehari-hari dan menjadikan generasi yang akan memimpin peradaban Islam berdasarkan nilai-nilai Al-Quran,” sambut Gubernur Mahyeldi.

Pada hakikatnya lomba cerdas cermat Qur’an mencerdaskan kehidupan bangsa, karena semua peserta memiliki talenta dan mental juara. Pendidikan bukan saja tentang ilmu agama, akhlak dan moral atau ilmu pengetahuan lain, namun juga dilatih mental dan kepribadian yang berkarakter.

“Kegiatan ini harus terus kita budayakan, selain memotivasi anak anak didik untuk semakin giat mempelajari Al Quran, juga akan membawa berkah bagi daerah,” ujarnya.

Gubernur Mahyeldi sangat mengapresiasi kegiatan Lomba Cerdas Qur’an Tingkat SD, SMP dan sederajat se Sumbar yang dilaksanakan oleh Padang TV yang bekerjasama dengan Dinas Pendidikan.

“Inilah tugas kita mempersiapkan generasi- generasi yang Qur’ani bisa menghadapi tantang-tantangan kedepan, dan ini butuh keseriusan dari setiap lembaga pendidikan yang ada di Sumbar.

Gubernur Mahyeldi berharap generasi muda bisa kemajuan zaman dan teknologi digitalisasi semakin cepat dan tepat dalam membangun berbagai sektor untuk kesejateraan masyarakat yang berpedoman Al-Qur’an.

Sementara itu Manager Padangtv Defri Mulyadi mengatakan, bahwa Cerdas Qur’an Tingkat SD dan SMP sederajat se Sumbar tersebut merupakan puncak dari iven Cerdas Qur’an yang di gelar di seluruh Kabupaten/kota di Sumbar.

“Peserta Cerdas Qur’an tingkat SD dan SMP se Sumatera Barat adalah Finalis terbaik Kabupaten Kota. Mereka tersaring dari ratusan Tim yang berlaga pada setiap daerah masing-masing,” terang Defri.

Lebih jauh Pria yang biasa di panggil imung memaparkan, dukungan luarbiasa kepala daerah kabupaten Kota dalam menggaungkan Al-Quran di daerahnya.

Malahan Cerdas Qur’an yang di gelar Padangtv sebagai wadah bagi anak-anak para Hafiz di daerah untuk menampilkan kemampuannya dalam penguasaan Al-Quran dan ilmu Agama islam.

“Kita tentunya sangat berterimakasih pada semua pihak yang ikut membantu iven-iven keagamaan seperti Cerdas Qur’an yang digelar padangtv. Tantantangan pak gubernur pada kami padangtv untuk kedepan menggelar Cerdas Qur’an dan Cerdas adat dan Budaya Tingkat Pelajar SMA sederajat se sumatera barat, insyaallah akan kami jawab,” tegas pria yang juga Ketua IJTI sumbar ini.

Turut hadir dalam pembukaan tersebut Kepala Dinas Pendidikan Sumbar, Kacabdin se Sumbar serta para guru dari SD dan SMP se Sumbar, Ketua Baznas dan Bank Nagari serta para undangan lainnya. (*)