Headline

Ketua DPRD Sumbar Supardi Dukung Pemanfaatan Ulat Magot

0
Spread the love

PAYAKUMBUH— Tampaknya setiap saat ada temuan dan trobosan baru dalam memanfaatkan hal yang tidak bermanfaat menjadi manfaat yang besar, salah satunya pengelolaan pupuk yang berasa dari ulat sampah atau maggot.

Ulat maggot berasal dari lalat, dimana disaat berusia 21 hari akan menjadi pupa dan akhirnya menjadi lalat, bekas kulit atau cangkangnya yang mengering ini bisa dimanfaatkan menjadi pupuk organik.

Dalam mengelola maggot menjadi pupuk organik, yang berasal dari pupa lalat di tempat pembuangan sampah, ketua DPRD Sumbar Supardi bersama kepala Dinas Lingkungan Hidup Sumbar Ica, melakukan pertemuan dengan masyarakat sekaligus melakukan peninjauan di tempat pembuangan akhir sampah (TPA).

Dalam kesempatan bertemu dengan masyarakat Mungka, Payakumbuh, Supardi memberikan semangat atas inovasi untuk pengelolaan sampah.

“Sekitar 75% sampah itu berasal dari organik, maka ketika saya diminta untuk membantu mendukung pengadaan alat pengelolaan sampah, meskipun saya tidak paham, langsung saya respon dan mengontak bu Ica untuk bisa memberikan keterangan, ketika diminta 1 unit, kita berikan 2 bila perlu 3 unit,” ulas Supardi ketika melakukan peninjauan, Kamis (28/10/2021).

Ditambahkannya, alat yang diminta masyarakat juga dibuat langsung putra daerah Payakumbuh dan masih belajar yakni siswa SMK 2, saat ini sudah selesai 1 unit, sekitar 14 hari mendatang akan selesai 1 unit lagi.

“Meskipun suara saya tidak ada di Mungka ini, namun karena ada inovasi terbaru langsung kita dukung, dan alat tersebut sudah selesai 1 unit saat ini, dan akan selesai 1 unit lagi 14 hari mendatang, saya akan dukung inovasi pengelolaan ulat maggot yang berasal dari sampah ini,” ulas Supardi diselingi candaan dan disambut gelak tawa masyarakat, Jumat (29/10/2021), ketika memanfaatkan masa reses 25 November sampai 1 Oktober mendatang.

Pernyataan Supardi disambut senyuman Ica, dimana sebagai salah satu OPD pengelola lingkungan merasa kalau ketua DPRD Sumbar dinilai sangat respon terhadap kebutuhan masyarakat, dan mendukung program unggulan gubernur, yakni pertanian.

“Saya bangga dengan ketua DPRD Sumbar pak Supardi ini, ketika mendapat usulan dari masyarakat, beliau langsung kontak saya dan bertanya, saya terangkan dan beliau langsung bilang, kalau masyarakat minta 1 unit kasih 2 unit Bu, bagus itu inovasinya,” kata Ica.

Ditegaskan Ica, ketua DPRD Sumbar selalu akan siap memperjuangkan kebutuhan masyarakat, termasuk juga dalam pengelolaan sampah menghasilkan Mogot untuk pupuk organik.

“Jika sudah berkaitan dengan kepentingan masyarakat, pak Ketua DPRD ini tidak berhenti mengontak saya, agar segera direalisasikan, demi produktifitas kelompok masyarakat, yang notabene bisa mengangkat perekonomian masyarakat,” ulas Ica lagi.

Pada kesempatan tersebut Supardi juga meminta agar masyarakat taat prokes, diantaranya memakai masker dan menjaga jarak, agar Covid-19 cepat berakhir.(***)

Facebook Comments

You may also like

Comments

Leave a reply

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

More in Headline