Headline

Masyarakat Minang di Perantauan Harus Pererat Persatuan dan Kesatuan

0
Spread the love

BANTEN,—-Menyikapi perkembangan jaman terutama dalam bidang teknologi, ekonomi dan tingkat kehidupan yang semakin tinggi masyarakat Minang Sumatera Barat di perantauan harus mempererat persatuan dan kesatuan yang berbasiskan Pancasila.

Hal tersebut disampaikan oleh Syafinal Chaniago selaku ketua umum FSP3L (Forum Silaturahmi Putra/Putri Piaman Laweh) saat berkunjung ke kantor DPP FKMB (Forum Keluarga Minangkabau Bersatu) di Jalan Teuku Umar Karawaci Tangerang Provinsi Banten, Sabtu (28/8).

Kedatangan Syafinal Chaniago bersama Bundo Kanduang FSP3L disambut oleh Ketua Umum FKMB Indra Jaya, ST, berserta staf di kantornya. 

Dalam perbincangannya, Ketua Umum FKMB sependapat dengan Syafinal Chaniago, yakni saling peduli, merasa senasib sepenanggungan yang merupakan ciri khas masyarakat Minang yang telah dicetuskan oleh pendahulu-pendahulu sebelumnya, termasuk pergerakan ekonomi dalam bentuk koperasi yang digagas oleh Bung Hatta.

“Kami ingin mewadahi persatuan masyarakat Minang di perantauan dengan berbagai kegiatan sosial kami, dan kami merasakan kesulitan-kesulitan yang dihadapi saat ini, terutama masyarakat yang terdampak pandemi Covid-19,” ujar Indra Jaya.

“Apalagi perantau Minang banyak berprofesi sebagai pelaku usaha, seperti berdagang, jasa, seniman dan di bidang lainnya pasti merasakan dampak tersebut” timpal Indra jaya.

Dalam forum tersebut, FKMB ingin bergandeng tangan bersama FSP3L dalam menjalankan kegiatan-kegiatan yang bergerak dalam bidang sosial, seni dan budaya. “Setiap minggunya kami menggelar Jumat Barokah untuk berbagi dengan sesama,” kata Indra Jaya.

Penasehat FSP3L M Rizal yang ikut hadir menyambut baik hubungan silaturahmi yang terjalin antara FSP3L dengan FKMB. M Rizal mengatakan, FSP3L siap bersinergi dengan siapa pun.

“Mayoritas anggota FSP3L adalah TNI-Polri aktif, kami terikat dalam aturan kedinasan. Selagi FKMB menjalankan program-program berbasiskan sosial kemasyarakatan dalam bingkai NKRI (Negara Kesatuan Republik Indonesia) kami siap mendukung,” tegas M Rizal.

Di akhir pertemuan, Ketua Umum FSP3L Syafinal Chaniago menyerahkan plakat FSP3L sebagai bentuk rasa kekeluargaan kepada Ketua Umum FKMB Indra Jaya, dan ketua FKMB menyerahkan baju kemeja bertuliskan organisasi yang di pimpinnya sebagai wujud penghormatan.

(Rel/fsp3l)

Facebook Comments

You may also like

Comments

Leave a reply

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

More in Headline