Pengurus Masjid Diimbau Tidak Mengundang Penceramah yang Menebar Kebencian dan Intoleran

oleh -120 Dilihat

PADANG,— Sebuah spanduk berlatar warna hitam yang terpasang di pinggir Jalan Prof Dr Hamka, Kecamatan Koto Tangah menarik perhatian masyarakat setempat maupun pengendara yang melintas.

Pasalnya, isinya mengingatkan pengurus masjid untuk tidak mengundang penceramah yang intoleran dan menebar kebencian. Hal itu bertujuan agar menghadirkan penceramah dengan materi-materi yang menyejukkan umat di Bulan Suci Ramadhan ini.

Salah seorang pengurus masjid di Simpang Gia Tabing, Drs Syamsudin mengatakan, dirinya melihat spanduk itu sudah terpasang sejak sepekan belakangan. Menurutnya, spanduk yang berisi imbauan itu sangat bermanfaat.

“Kami tidak keberatan dengan spanduk itu. Karena isinya sangat bagus. Karena mengingatkan para pengurus masjid untuk mengundang penceramah yang tidak menyebarkan paham-paham yang dapat memecah belah umat,” ujar Syamsudin.

Ditambahkan Syamsudin, di masjid yang dikelolanya, pihaknya sudah memiliki daftar nama penceramah yang sudah jelas latar belakangnya (track record). Jika terindikasi menyebarkan paham intoleran dan menebarkan kebencian, pihaknya tidak akan mengundangnya

“Kami selaku pengurus masjid, selalu meminta materi dari penceramah yang kami undang. Dengan begitu bisa dilihat apa isi materi cerama yang akan disampaikan kepada jamaah. Harapan kami, para penceramah mampu menyejukkan hati umat, mampu menenangkan umat agar kondisi tetap kondusif,” tutup Syamsudin. (*)