Headline

SD Andaleh Juara Cerdas Qur’an tingkat SD Se Kabupaten 50 Kota

0
Spread the love

50 KOTA—Setelah melalui persaingan yang sangat ketat, akhirnya sekolah Dasar Andaleh Kecamatan Luak berhasil tampil sebagai juara dalam ajang Cerdas Al-Qur’an tingkat sekolah dasar se Kabupaten 50.

SD Andaleh ini berhasil mengungguli dua tim lain yaitu SDIT Ar-Rahman Kecamatan Lareh Sago Halaban juara ke dua dan SDN 03 Guguak VIII Koto juara ke tiga, setelah dominan meraih poin pada babak rebutan.

Pada segmen rebutan ini, terlihat masing-masing tim menguasai setiap pertanyaan yang disampaikan juri akan tetapi kecepatan dan ketepatan dalam membunyikan sangat menentukan.

Kepala Dinas Pendidikan dan Kebudayaan Kabupaten 50 kota Indrawati yang hadir langsung pada ajang grand final tersebut, tak henti-hentinya memberikan semangat kepada peserta. Pada kesempatan tersebut Indrawati menekankan bahwa program Cerdas Al-Qur’an merupakan Iven yang sangat baik dalam menciptakan generasi yang cerdas dan Soleh.

“Menciptakan generasi yang cerdas Al-Qur’an adalah program unggulan dari bapak Bupati 50 Kota. Karena itu, kita sebagai instansi pendidikan sangat mendukung acara ini dan akan menjadi program unggulan kita di kabupaten 50 Kota” ungkap Indrawati

Lebih jauh Kadis Pendidikan ini menekankan bahwa program Cerdas Al-Qur’an yang digelar Padangtv bekerjasama dengan Dinas pendidikan Kabupaten 50 Kota mendapat dukungan yang maksimal dari bapak Safaruddin Bupati 50 Kota.

Sementara itu Direktur Padangtv Rita Gusveniza juga mengapresiasi seluruh peserta yang ikut memeriahkan program Cerdas Qur’an tersebut. Menurutnya program tersebut merupakan gerakan besar Padangtv bersama Kabupaten 50 kota dalam membumikan dan syiar nya Al Qur’an di Kabupaten 50 kota dan Sumatera Barat.

“Terimakasih kepada Kapolda Sumbar, Bupati 50 Kota dan jajaran dinas pendidikan yang ikut mensuport terselenggaranya acara ini. Insyaallah program cerdas Al-Qur’an ini akan juga digelar di Kabupaten dan Kota lain di Sumatera barat,” terang Rita Gusveniza.

Jalannya Perlombaan

Persaingan sengit terlihat dalam Gran final CERDAS QUR’AN tingkat Sekolah Dasar se kabupaten 50 Kota Senin 30/8, yang disiarkan secara langsung stasiun Padangtv.

Peserta yang merupakan siswa-siswi terbaik sekolah dasar 50 kota tersebut, sebelumnya berjibaku dalam babak penyisihan, semifinal dan final yang diikuti sekolah dasar se Kabupaten 50 Kota

Mereka yang berhasil masuk ke babak grand final adalah SDIT Ar-Rahman Kecamatan Lareh Sago Halaban, SDN 03 Andaleh Kecamatan Luak dan SDN 03 Guguak VIII Koto kecamatan Guguak.

Kejar mengejar poin dalam adu ketangkasan dalam menguasai isi Al Qur’an, membuat penonton tak henti-hentinya memberikan tepuk tangan.

Pada babak sambung ayat terlihat betul bagaimana siswa-siswi menguasai dan menghapal Al-Qur’an. Pada babak ini berhasil dilalui oleh semua peserta. 

Kemudian berlanjut pada babak adu cermat, dimana setiap tim harus bisa menjawab pertanyaan dari dewan juri, seperti nama surat, posisi surat bahkan mengartikan ayat yang dibacakan dewan juri.

Pada adu cermat ini, juga berhasil dilalui peserta dengan menyabet semua poin yang disediakan.

Persaingan sengit juga terus berlangsung, karena poin dari tiga tim yang saling kejar-kejaran dan hanya berjarak cukup tipis.

Persaingan tak kalah ketat juga terjadi di Sekmen babak rebutan yang tersedia 10 pertanyaan. Dimana kecepatan dan kecermatan peserta sangat menentukan siapa yang bisa mengumpulkan poin paling banyak.

Setelah saling kejar-kejaran angka, akhirnya sekolah dasar SDN 03 Andaleh Kecamatan Luak berhasil mengungguli dua sekolah lain dan tampil sebagai pemenang dalam babak grand final CERDAS AL-QUR’AN tingkat sekolah dasar se Kabupaten 50 Kota. Juara dua di raih oleh Sekolah Dasar SDIT Ar-Rahman Kecamatan Lareh Sago halaban dan diikuti juara tiga oleh Sekolah Dasar 03 Guguak VIII Koto. (**)

Facebook Comments

You may also like

Comments

Leave a reply

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

More in Headline