Caleg PSI Dedy Bachtiar Bikin Perebutan 8 Kursi DPR RI Sumbar I Sengit !!!

oleh -226 Dilihat

Padang,— Pemilu masih jauh, tapi jangan salah, di masa jeda kampanye bebas ini, sebelum Daftar Caleg Tetap dilegis KPU, pertarungan popularitas semakin sengit.

Meski semua Caleg Patahana kembali ikut kecuali Asli Chaidir, tetap saja perebutan suara pemilih di Sumbar I makin seru untuk diterawang dan dipelototi.

Apalagi the next Jefrie Geovanie (JG) maju Caleg dari Partai Solidaritas Indonesia (PSI), Dedy Bachtiar pulang kampung, alumni SMA Don Boco (DB) Padang ini kabarnya diendorse total oleh JG.

“Saya maju Caleg di Sumbar I, itu karena Big Bro JG perintahkan, saya tegak lurus sama beliau,”ujar Dedy Bachtiar saat bincang dengan wartawan di Padang, Rabu 11/10-2023 di Padang.

Hadirnya Dedy makin memperketat perebutan 8 kursi DPR RI dari Dapil Sumbar. Ingat politik Sumbar tidak matematika, suara pemilih di sini fluktuatif.

“Ya, meski 7 patahana kembali ikut, persaingan antar internal maupun eksternal Caleg luar biasa,”ujar Almudazir jurnalis senior pemerhati elction Sumbar, Rabu 10/9-2023.

Partai PKS ada petahana dua periode Hermanto, ada Rahmat Saleh the woder boy PKS yang kini jadi Anggota DPRD Sumbar sekaligus penggagas Gerakan Sumbar Cerdas. Di PKS juga ada Muhammad Zuhrizul dikenal sebagai pegiat pariwisata Sumbar, juga ada Harneli Bahar yang merupakan istri Gubernur Sumbar Mahyeldi Ansyarullah, satu lagi yang akan moncreng Ibrahim Irwan Prayitno, putra dari Gubernur Sumbar 2 periode Irwan Prayitno.

Dari data didapat media, kerasnya perebutan kursi di Partai NasDem juga luar biasa, Parpol pengusung Capres Anies Baswedan punya sederet nama yang kalibernya magnet voice, ada Lisda Hendrajoni (incumbent), Shadiq Pasadique, Fauzi Bahar, Delmeria (incumbent Dapil Sumut) dan Suherman.

Kalau di Partai Demokrat saling sikut meraih suara bisa terjadi antara Darizal Basir (patahana) Imelda Sari dan Suwirpen (Wakil Ketua DPRD Sumbar).

Gerindra jangan anggap enteng, faktor Prabowo dan Andre Rosiade bisa jadi Partai Gerindra mempertahankan dua kursi ke DPR RI pada Pemilu 2024.

Lalu ada PDI Perjuangan dengan Alex Indra Lukman dan Fakhrizal serta Leli Arni.

PPP ada the rising start Erick Hariyona yang seperti tak ada hari selain menjumpai pemilih di Sumbar I. Partai Golkar juga jangan dipandang sebelah mata, info terbaru Alirman Sori masuk barisan Caleg DPR RI selain Darul Siska dan Weno serta tokoh muda Solok selatan Zigo Rolanda.

Partai Ummat, partai pendatang baru di Pemilu 2024,juga kabarnya menurunkan Ketua Umum Ridho sebagai Caleg DPR RI dari Dapil Sumbar I.

“Maju Ketum di Sumbar I tentu ini pertaruhan besar, karena Sumbar bagi Pak Amien Rais adalah basis suara Partai Ummat,”ujar Zirma Yuneldi.

Namun, jadi Caleg Dedy Bachtiar tentu banyak pihak bertanya siapa dan apa strateginya meraih suara.

“Saya ikut strategi dan trick Big Bro JG saja (sapaan Dedy kepada JG). Rekam jejak Pemilu di Sumbar I ini masih bisa dilacak, bagaimana Big Bro JG termasuk Caleg fenomenal waktu itu,”ujar Dedy Bachtiar.

Menurut Almudazir perebutan 7 kursi DPR RI di Dapil Sumbar I Sulit ditebak.

“Ada 5 kursi yang masih belum dilabel okeh para Caleg, kalau berkaca kepada pemetaan lembaga survei. Feeling jurnalis politik saya memprediksi sampai penghitungan suara masih menarik bagi publik menyimaknya,”ujar Almudazir (***)