Ekos Albar Terpilih, Akhirnya Kota Padang Punya Wawako Baru

oleh -208 Dilihat
IDCloudHost | SSD Cloud Hosting Indonesia

PADANG, — Akhirnya proses yang panjang dan teka-teki siapa Wakil Wali Kota (Wawako) Padang sisa masa jabatan 2019-2024 terjawab.

Masih rekan se partai Wali Kota Padang, Hendri Septa, Politisi Partai Amanat Nasional (PAN), Ekos Albar resmi terpilih sebagai Wawako. Ekos menang suara setelah melalui proses pemilihan tertutup yang digelar di Gedung Dewan Perwakilan Rakyat Daerah (DPRD) Kota Padang, Rabu (5/4/2023).

Terpantau dari gedung bundar DPRD Padang Jalan Sawahan, pemilihan Wawako Padang diikuti oleh seluruh unsur pimpinan dan anggota DPRD Kota Padang yang berjumlah keseluruhan 45 orang.

Ekos resmi terpilih menjadi Wawako Padang setelah menumbangkan calon yang diusung oleh Partai Keadilan Sejahtera (PKS), Hendri Susanto.

Perolehan suara Ekos dalam pemilihan dengan sistem tertutup itu melesat jauh dibanding rivalnya. Dengan perolehan 36 suara melawan 9 suara yang diperoleh Hendri Susanto.

Dalam pemaparannya, ia akan melakukan sejumlah hal yang menjadi program unggulan (progul) Wali Kota Padang.

“Hingga akhir tahun 2022, sudah terealisasi (progul Wali Kota) sebanyak 82 persen lebih dan disempurnakan hingga 100 persen pada akhir tahun 2023,” kata Ekos dalam pemaparannya.

Menurutnya, kehadiran Wawako sangat dibutuhkan dan diharapkan oleh masyarakat Kota Padang.

“Saya ingin membantu dan membackup Wali Kota Padang mewujudkan seluruh program yang telah dicanangkan Wali Kota Padang,” optimis Ekos.

H. Ekos Albar, S.E. M.M lahir pada 26 Agustus 1971 di Batusangkar, Kabupaten Tanah Datar  Sumatrta Barat. Dia merupakan pengusaha dan politisi dari Partai Amanat Nasional (PAN).

Dalam struktur partai, ia menjabat sebagai Bendahara Dewan Perwakilan Pusat (DPP) PAN periode 2020–2025. Sementara sang Wali Kota, Hendri Septa adalah Ketua DPD PAN Padang periode 2020 – 2025. (***)