Ini Dia 5 Perempuan Perkasa Siap Rebut Kursi DPR RI Dapil Sumbar 1

by -150 Views

PADANG, — 5 (lima) perempuan perkasa pada Pemilu 2024 Dapil Sumbar 1 DPR RI, berpotensi lolos ke gedung di bilangan Senayan Jakarta tersebut.

Lima itu dua incumbent, Athari dan Lisda, tiga lagi, Edriana, Haneli Bahar dan Imelda Sari, 5 perempuan itu tidak bisa dipandang enteng.

Dari mapping dilakukan Tim Media terdiri dari relasipublik.com, tribunsumbar.com, mimbarsumbar.id, kliksiar.com, fixsumbar.com dan 92News.id, sejak akhir Februari hingga 12 Maret 2023, resume Tim Media sebaiknya Caleg Laki-laki di Dapil Sumbar I terutama incumbent, kudu hati-hati.

“5 perempuan Calon DPR RI  Pemilu 2024 tidak bisa dipandang sebelah mata, kelimanya punya potensi mengarungi suara pemilih,” ujar Komentator Politik Sumbar yang juga owner relasipublik.com Novrianto SP, Minggu 13/3-2023.

Almudazir owner mimbarsumbar.id mengatakan dapatnya 5 perempuan perkasa setelah Tim Media melakukan penelusuran ke bayak pemilih, mulai di Padang, Solok, Tanah Datar, Padang Panjang dan Pesisir Selatan.

“Lima nama ini dominan diketahui dan pemilih punya alasan terhadap masing-masingnya,” ujar Almudazir.

Berikut paparan Tim Media terhadap 5 perempuan perkasa di Dapil Sumbar I.

 

IMELDA SARI

Perempuan perkasa satu ini merupakan elite Partai Demokrat Pusat, jabatan saat ini Wasekjen DPP Partai Demokrat, Imelda satu-satunya perempuan minang yang dekat dengan keluarga Cikeas (SBY), baik saat SBY Presiden maupun tidak.

Imelda Sari punya peluang ke DPR RI, karena saingan satu partainya adalah seniornya sendiri yang punya pemilih tradisionil luar biasa yaitu Darizal Basir.

“Tapi pilihan politik itu dinamis, Uni Imelda ini alumni UNAND, ketua umum Alumni Fakultas Ilmu Budaya, juga putri asal Luhak Nan Tuo, konstelasi politik di kampung halamannya sangat dinamis pula, apalagi kalau Bupati Eka Putra membackup Imelda Sari pada Pemilu 2024. Satu yang pasti jika Anies-AHY oke berpasangan di Pilpres, maka secara alami melambungkan suara Imelda Sari, karena pemilu legislatif dan pilpres hari mencoblosnya sama 14 Februari 2024,” ujar Ucok biasa koment diator politik Sumbar ini di sapa.

 

HARNELI BAHAR

Calon DPR RI satu ini bila oke maju, pasti membuat terkejut Sumatera Barat. Harneli Bahar, istri dari Gubernur Sumbar Mahyeldi Ansyarullah, maju dari PKS.

Harneli Bahar tidak banyak rekam jejak di politik praktis, tapi election results sang suami yaitu Mahyeldi, terbukti, dari tracking Tim Media, Harnely Bahar mendominasi.

“Umi Harneli biasa disapa pemilih di Sumbar cara berinteraksinya dengan masyarakat ternyata mengena dan membuat pemilih di Sumbar 1 jatuh hati ke Umi Harneli ini, dia humble, tidak mengesankan istri gubernur yang dipagar ketat oleh protokoler saat berinteraksi dengan publik,” ujar Almudazir lagi.

Jadi, mencalegnya Harneli Bahar justru akan mengganjal calon incumbent PKS Hermanto. maupun calon PKS lainnya, seperti Rahmat Saleh anggota DPRD yang sudah tebar baliho di seantaro Dapil Sumbar I.

 

EDRIANA

Calon Legislatif (Caleg) perempuan Partai Gerindra ini,Pemilu 2024 adalah pertarungan perebutan suara kedua kali dilakukannya.

Pemilu 2019 Edriana cukup menjanjikan melakukan penetrasi, dua kursi DPR RI Partai Gerindra Andre Rosiade dan Suir Syam tidak lepas dari support suara diraih Edriana.

2024, Edriana Caleg lagi, tetap istiqomah yaitu dari Parti Gerindra, dari penelusuran Tim Media Edriana sejak 2022 mulai melakukan penetrasi ke Dapil.Sumbar I.

“Tapi Uni Nana biasa pers Sumbar menyapanya memulai perjuangan dengan soft, Uni Nana lebih memperkuat basis seperti di kampung halamannya Tanah Datar,” ujar Almudazir.

Uni Nana menurut Tim Media diyakini akan melakukan gerakan frontal dan masif untuk. mengumpulkan suara sebanyak-banyaknya.

“Kompetitor Uni Nana di Dapil Sumbar I ini jauh dari perempuan perkasa yang beda Parpol darinya, tapi malah dengan raja peraih suara di Dapil I, Andre Risiade dan Suir Syam incumbent DPR RI dua periode, kalau sama Andre kayaknya sulit Uni Nana bersaing suara, tapi kalau Gerindra kembali winning, dua kursi DPR RI, pemilih mempreidksi kursi kedua Pemilu 2024 Gerindra untuk Edriana,” ujar Novrianto.

 

ATHARI GAUTHI ARDI

Calon Incumbent DPR RI ini, sejak Pemilu 2019 telah mencengangkan banyak analisitor politik, pasalnya Athari dianggap tidak siapa-siapa dalam perebutan kursi DPR RI.

Upss..semuanya berdecak kagum, Athari dari nothing menjadi something, hebatnya lagi perelohan suaranya melebih suara calon incumbent PAN waktu itu Asli Chaidir.

Sukses Athari di Pemilu 2019 tak lepas dari peran orang tuanya yang merupakan begawan politik Sumbar, Epyardi Asda.

“Ingat Pemilu 2019 Pak Epyardi Asda belum bupati, Pemilu 2024 Pak Epyardi sekarang Bupati Solok, Tim Media menemui fakta bahwa tak terbayangkan dahsyatnya suara Athari pada Pemilu 2024,” ujar Novrianto.

Athari selama jadi DPR RI punya pola fokus merengkuh hati rakyat, ini yang sulit bagi siapapun Caleg DPR RI mengalahkannya.

“Bu Athari ini mampu menjadi penyambung lidah rakyat Solok (Kota Solok, Kabupaten Solok dan Solok Selatan) apalagi bertugas di Komisi V DPR RI bidang infrastruktur, Athari bisa gelontorkan ratusan miliar rupiah untuk memanjakan pemilihnya lewat infrastruktur jalan,”ujar Almudazir.

 

LISDA HENDRAJONI

Bagi Caleg incumbent DPR RI satu ini, Pemilu 2024 adalah pertaruhan terhadap soliditas pemilihnya di 2019 lalu.

Dulu ada sang suami yang menjadi Bupati Pesisir Selatan, pemilu 2024 Hendrajoni tidak menjabat bupati lagi.

Tapi, Tim Media menemukan fakta, bahwa tiga tahun Lisda jadi anggota DPR RI ternyata dia mampu lepas dari bayang-bayangan top sosok suami.

“Ibu Lisda punya kiat tersendiri membalas budi kepada pemilihnya di Pesisir Selatan. Bu Lisda masih punya jaringan beragam klaster ada milenial, ada penulis dan ada tokoh publik di Pesisir Selatan. Apalagi Lisda dari Partai Nasdem yang mengusung Anies Baswedan Capres, tentu efek ekor jas ini menguntungkan Lisda Hendrajoni, ujar Novrianto.

Meski diyakini kembali raih kursi DPR RI pada 2024, tetap saja Lisda Hendrajoni lebih berjibaku, karena kata Almudazir, persaingan Lisda itu tidak dengan Caleg Partai lain namun Caleg DPR RI Partai Nasdem sendiri, ada nama besar yang siap fight di Pemilu 2024, sebut Shadiq Pasadique (Tokoh Tanah Datar), Fauzi Bahar (Tokoh Kota Padang) , Irwan Afriadi ( Tokoh Muda Solsel ) dan ada kabarnya Abdul Rahman (Mantan Wabup Solsel).

 

Itulah 5 perempuan perkasa yang akan maju Caleg DPR Dapil Sumbar I.

Dapil Sumbar I ada delapan kursi DPR RI, Pemilu 2019  dua kursi untuk perempuan. Pemilu 2024 Tim Media memperkirakan empat kursi diperoleh perempuan, apalagi kampanye perempuan pilih perempuan mulai masif disuarakan para aktifis perempuan.

Hasil ini masih merujuk kepada sisitem Pemilu proporsional terbuka, dengan penentuan kursi lewat suara terbanyak.(***)