Pengabdian Masyarakat Internasional FEB Unand Bersama Prof. Noel Scott di Simarasok Kabupaten Agam

oleh -100 Dilihat
Pakar Pariwisata Australia dari Edith Cowan University dan Direktur Pusat Studi Pariwisata Universitas Andalas (Unand), Sari Lenggogeni, Sabtu (24/2-2024) di balai kanagarian Simarasok, Kabupaten Agam.
IDCloudHost | SSD Cloud Hosting Indonesia

Agam—Fakultas Ekonomi dan Bisnis (FEB) Universitas Andalas (Unand) melakukan kegiatan Pengabdian Masyarakat Internasional ke Simarasok, Agam bersama Pakar Pariwisata Australia dari Edith Cowan University dan Direktur Pusat Studi Pariwisata Universitas Andalas (Unand), Sari Lenggogeni, Sabtu (24/2-2024) di balai kanagarian Simarasok, Kabupaten Agam.

Bersama sejumlah pengajar dosen dan mahasiswa FEB Unand , rombongan disambut langsung oleh walinagari, M.Nurzen dan perangkat nagari juga kepala Dinas Pariwisata Agam, Syatria.

Kegiatan ini mengambil tema ” Rural Tourism Destination Management” yang menampilkan Prof. Noel Scott Guru Besar Senior (dulu di Griffith University dan sekarang di Edith Cowan University), Ia juga pakar pariwisata Australia sekaligus sebagai Manajer Tourism Queensland ( Promotion board/ DMO di Australia).

Dalam pemaparannya Prof. Noel menekankan perlunya meredefinisi konsep Community Based Tourism.

” Salah satu permasalahan dalam konsep ini adalah seringnya mengalami kendala dalam resource, manajemen, dan coopetitif sehingga sering tidak berlanjut / unsustained.” Tutur Prof. Noel.

Ia menambahkan “Sehingga itu perlu pendekatan bisnis model dengan perencanaan finansial, manajemen SDM dan branding serta marketing yang tepat sasaran — akan menjadi apa desa wisata ini dalam 10 tahun mendatang?”.

Selanjutnya rombongan meninjau objek wisata simarasok, berdiskusi dan memberikan pelatihan langsung ke desa wisata Simarasok, Agam, Sumbar. Bersama pokdarwis @pesona_simarasok, Wali Nagari, tokoh masyarakat dan Pemkab Agam.

Kegiatan pengabdian masyarakat Internasional ini ditujukan untuk desa wisata kerjasama FEB Unand bersama Pusat Studi Pariwisata/ Tourism Development Centre Unand,

Dosen dan mahasiswa Fakultas Ekonomi dan Bisnis (monsis)