Rahmat Saleh Desak BPBD Sumbar Kaji Tindak Lanjut Dampak Erupsi Marapi

oleh -592 Dilihat

Tanah Datar,— Erupsi Gunung Marapi yang terjadi beberapa waktu lalu berdampak luas terhadap masyarakat di sekitar gunung, terutama para petani, peternak, dan pengendara ojek.

Hal ini diungkapkan Anggota DPRD Sumbar Rahmat Saleh saat mengunjungi warga yang terdampak di Nagari Paninjauan, Kecamatan X Koto, Kabupaten Tanah Datar, Minggu (14/01/2024).

“Erupsi menyebabkan para petani gagal panen karena banyaknya hujan abu vulkanik yang menutupi tanaman. Selain itu, abu vulkanik juga menutupi rerumputan yang menjadi pakan ternak, sehingga para peternak juga kesulitan mendapatkan pakan ternak,” kata Rahmat Saleh yang juga Caleg DPR RI Sumbar Dapil 1 partai PKS tersebut.

Rahmat Saleh juga mendengar keluhan dari komunitas ojek Panbers (Persatuan Ojek Paninjauan Bersatu) yang tidak bisa bekerja akibat gagal panen yang dirasakan oleh para petani.

“Biasanya kami mendapatkan pendapatan dari mengangkut hasil panen para petani, dengan adanya erupsi, menyebabkan gagal panen dan berkurangnya pendapatan bagi para pengendara ojek,” kata Sutan Malano, tokoh masyarakat Aia Angek.

Menanggapi hal tersebut, Rahmat Saleh mendesak BPBD Provinsi Sumatera Barat untuk segera mengkaji ulang rencana tindak lanjut bagi masyarakat yang terdampak erupsi Marapi.

“Kami mendesak pemerintah provinsi Sumatera Barat untuk dapat memberikan bantuan berupa program bagi para petani, peternak, dan para pengendara ojek, serta masyarakat yang terdampak mata pencarian lainnya. Juga meminta kepada BPBD Provinsi Sumbar untuk dapat mengkaji ulang rencana tindak lanjut bagi warga yang terdampak,” tegas Rahmat Saleh.