Tiga hari Berdinas, Kapolda Sumbar Sidak Samsat Padang

oleh -238 Dilihat

Padang,—Tak tunggu waktu lama tiga hari berdinas Kapolda Sumbar Irjen. Pol. Suharyono, S.IK, SH, langsung lakukan inpeksi mendadak (Sidak) ke kantor Sistem Administrasi Manunggal Satu Atap (Samsat) Padang, pada Rabu (26/10).

Kapolda baru Sumbar ini didampingi Dirlantas Kombespol Hilman Wijaya, S.IK, MH, serta diiringi Kepala Samsat Padang, Mistar, S.Sos, MM dan Kepala Cabang Jasa Raharja Raihan Fanani, melihat langsung pelayanan Samsat kepada masyarakat pemilik kendaraan bermotor (ranmor).

“Hari ketiga saya berdinas di Sumbar, salam hormat kami atas nama jajaran kepolisian Sumatera Barat. Selaku Kapolda yang baru, tiga hari baru menjabat pastinya saya ingin mengetahui bagaimana pekerjaan dari kawan-kawan di lapangan, termasuk yang di Samsat ini,” ucapnya memulai keterangan pers kepada awak media di Padang.

Penyandang Adhi Makayasa Akpol 1992 ini menyebutkan, ingin membuktikan sinergitas antara jajaran kepolisian Polda Sumbar yang bertugas di Samsat dengan stakeholder terkait, yaitu Bapenda, Jasa Raharja dan pihak bank berjalan baik.

“Sebagaimana yang disampaikan Bapak Dirlantas (Kombespol Hilman Wijaya, S.IK, MH) ke saya, akan saya buktikan seperti apa pelayanan yang terbaik di masyarakat. Ternyata, benar adanya,” sambungnya.

“Tadi beberapa masyarakat saya tanya dan dijawab pelayanan yang relatif sudah memuaskan. Situasi dan kondisi kondusif. Semuanya berjalan dengan lancar,” tambah jenderal bintang dua yang sebelumnya merupakan Penyidik Utama Otoritas Jasa Keuangan (OJK ) ini.

Dalam Kunjungan mendadak Irjen Pol Suharyono, berkeliling melihat dari satu ruangan ke ruangan pelayanan di gedung Samsat yang berada di Kelurahan Rimbo Kaluang, kawasan Gelanggang Olah Raga (GOR) H. Agus Salim, Padang.

Jendral ramah ini menyapa dan berinteraksi dengan masyarakat yang antri di setiap loket pelayanan serta melihat langsung pekerja di ruangan percetakan TNKB.

k

“Ini hari yang pertama saya mengunjungi Samsat. Pertama kami melakukan koordinasi secara teoritis seperti apa yang diterapkan disini. Ternyata, relatif bagus. Setelah kita cek hari ini, kita tidak merencanakannya, tapi ini memang Sidak, bukan diada-adakan, memang ini adanya. Ternyata, kesiagaannya bagus dan pelayanannya lancar. Dari loket ke loket saya tanyakan tidak ada kendala atau hambatan,” tuturnya.

Irjen Pol Suharyono menyaksikan pelayanan di Samsat Padang sangat bagus. Tetapi, dalam tinjauan yang dilakukannya ia berharap agar mempertahankan yang sudah bagus  ditingkatkan lebih bagus lagi.

“Ini pengecekan langsung ke Samsat Padang. Jadi saya tidak hanya mendapatkan cerita, laporan dari Dirlantas dan kawan-kawan di Samsat ini. Karena Samsat itu implementasi dari kolaborasi, kerjasama yang bagus. Semuanya bekerja dengan baik sebagaimana dengan aturan yang ada. Saya bisa sampaikan dan buktikan bahwa hari ini saya melihat dengan mata kepala sendiri pelayanan samsat ini sudah bagus, relatif bagus,” tandasnya. (*)