Arif Yumardi Sah Ketuai Monev dan Anugerah KIP Sumbar

oleh -3 Dilihat

Padang, —Lewat rapat pleno alot,, akhirnya Wakil Ketua KI Sumbar Arif Yumardi sah menjadi Ketua Monev dan Anugerah Keterbukaan Informasi Publik (KIP) Sumbar 2022.

“Setelah tiga kali Monev diketuai Komisioner membidangi Kelembagaan, betepatan kurang setahun periode KI Sumbar, ada perubahan, pleno diperluas Kamis 9 Juni 2022 menetapkan Bang Arif Yumardi sebagai Ketua Monev dan Anugerah KIP 2022” ujar Ketua KI Sumbar Nofal Wiska, Jumat 10 Juni 2022.

Arif Yumardi merupakan Putra asli Pesisir Selatan ini, tidak bisa mengelak saat forum menetapkannya ssbagai ketua. 

“Saya bisa kalau kita satu kata dan hati untuk. menyukseskannya. Isnya Allah Monev da Anugerah KIP 2022 terkahir di periode KI 2019-2023 lebih hebat dari Monev sebelumnya yang sebenarnya sudah terbaik, target kuantitas peserta meningkat dan kualitas hasilnya banyak badan publik meraih prediket informatif,” ujar Arif Yumardi. 

Arif Yumardi sebagai ketua dibantu Wakil Ketua Tanti Endang Lestari dan Sekretaris Monev dan Anugerah KIP 2022, Devi Astina dan ada tiga unit kelompok kerja yang membantu melaksanakaan Monev dan Anugerah KIP 2022.

Monev dan Anugerah KIP adalah program tahunan KI Sumbar untuk menguji secara digitalisais dan faktualisasi penerpan Keterbukaan Informasi Publik badan publik Sumbar. 

“Ada sembilan kategori di Monev dan Anugerah KIP 2022 ini, di antaranya, OPD. Pemprov Sumbar, BuMD, BLU dan BUMNag/BUMDes, kategori PTS, kategori SMA sederajat, kategori Instansi vertikal, Bawaslu dan KPU serta kategori pemerintahan nagari, dari estimasi kita ada 400 badna publik yang akan disasar quisioner dengan meng-input lewat aplikasi e-Monev,” ujar Tanti. 

Arif dan Tanti mengancang-ancang launching Monev KI Sumbar pada Bimtek pertama dilakukan. 

“Ya saat Bimtek kategori OPD dan Pemerintahan Nagari awal Juli, Insya Allah Monev dan Anugerah KIP 2022 kita launching,” ujar Tanti saat istirahat FGD Daerah Indeks Keterbukaan Informasi Publik di Kryad Hotel Bumi Minang, Jumat siang ini. (rls)