Head to Head Cawawako Padang Pemilihan DPRD Seruu

oleh -262 Dilihat

PADANG,— Ramadhan kali ini bakal seru konstelasi politik di DPRD Kota Padang, apaan tuh?

Hari-hari kedepan DPRD akan direcoki kesibukan konstitusi yakni pemilihan calon wakil walikota (Cawawako) Kota Padang. Mendesak diisi karena sudah hampir dua tahun kursi Cawawako Padang kosong berdebu, rumah dinas di A Yani pun sudah lusuh dan kusam tak terawat karena penghuninya belum ada.

Dua nama diusung oleh dua Parpol pengusung Mahyeldi-Hendra Septa pada Pilkada Kota dulu, PAN jagokan kader nasionalnya H Ekos Albar, sedangkab PKS usung kader lokalnya Hendri Susanto.

Banyak pihak menilai pemilihan bakal seru, karena masing kubu mengklaim. Cawawako disung mereka pantas dan layak mendampingi Hendri Septa sampai habis periode.

“Pasti seru, tapi melihat penetrasi di kalangan anggota DPRD Padang H Ekos Albar sedikit diuntungkan, alasannya tidak lain dan tidak bukan politik 2024, juga komunikasi politik H Ekos lebih humble,” ujar wakil rakyat DPRD yang minta nama tak disebutkan, Kamis 23/3-2023.

H Ekos Albar tidak oranng baru di khasanah politik Indonesia, selain pengrus inti DPP PAN, Ekos Albar jiga pengusaha nasional yang punya net working ke pengusaha regional maun internasional.

“Kolaborasi Hendri Septa dengan Ekos Albar bagi Kota Padang adalah keuntungn untuj pembangunan dan kesejahteran warga kota,” ujar Kordinator Komunitas Pemerhati Sumbar Isa Kurniawan.

Kalau Hendri Susanto ini murni kader PKS yang membangun karir dari daerah Sijunjung.

“Terus terang kalau Hendri Susanto menang pasti Padang seperti sekarang juga, gak ada kemajuan, mulai dari pemasukan PAD sampai tantangan besar yaitu Padang jadi kota terisolir, karena mangkraknya Tol Sumbar-Riau,” ujar Isa lagi.

Meski ada garisan di politik yang dibangun PKS bahwa kursi Wawako adalah hak PKS sebagai partai pengusung paska Mahyeldi naik kelas kekuasaan jadi Gubernur Sumbar.

“Itu bisa saja, tapi politik pemilihan tidak soal jatah-jatahan, namun bagaimana DPRD memilih sosok yang mampu membawa Padang lari lebih kencang dengan Wakonya Hendri Septa itu. Maaf saja kejadian jatah-jatahan ini sudah ditinggal sejak Sandiaga Uno mundur dari Wagub DKI dulu,” ujar Isa Kurniawan.

Namun Angota DPRD Padang dari PKS tetap ngotot untuk memenangkan Hendri Susanto di ajang pemilihan Wakil Walikota Padang dalam waktu dekat ini. Yuk sama-sama kita simak. (***)