Menparekraf Sandiaga Uno : Kolaborasi Ekonomi Dan Bisnis Syariah Yang Lebih Inklusif

oleh -59 Dilihat

Padang, — Menparekraf Sandiaga Uno menjadi pembicara dalam World Islamic Entrepreneur Summit 2023 (WIES 2023) di Padang, Jum’at (8/9/2023).

“Perekonomian Islam memiliki sumber daya yang besar dan sumber daya manusia yang melimpah. Sebagai negara dengan populasi Muslim terbesar di dunia, yang berkontribusi terhadap pembentukan tren ekonomi Islam global, Indonesia dengan senang hati memulai kolaborasi ekonomi dan bisnis yang lebih inklusif di dunia yang semakin terdigitalisasi ini”, kata Menparekraf Sandiaga Uno.

“Kementerian Pariwisata dan Ekonomi Kreatif bekerja sama dengan Pemerintah Sumbar dan Badan Promosi Pariwisata Daerah Sumbar memberikan dukungan maksimal untuk menjadi tuan rumah World Islamic Entrepreneur Summit”, ucap Sandiaga Uno.

Menparekraf Sandiaga Uno menyampaikan bahwa WIES 2023 mengangkat empat topik utama, yaitu bisnis, pemuda, pariwisata, dan perempuan.

Topik bisnis ini difokuskan pada perancangan kerangka kerja kolaboratif untuk mikro, kecil, dan usaha menengah di negara-negara berkembang.

Pengembangan struktur jalur partisipasi pemuda di industri digital juga menjadi isu utama.

Diskusi pariwisata fokus utamanya mengeksplorasi mekanisme yang efektif untuk membawa pariwisata pedesaan ke dalam paket agenda pariwisata nasional.

“Dan tentu saja, perempuan menjadi topik yang tak kalah menariknya untuk dibahas.” ujarnya.

Koordinator Panitia WIES 2023, Nadirsyah Bakri, mengungkapkan bahwa WIES 2023 ini mengangkat berbagai kegiatan entrepreneur, di antaranya B2B (business to business) dan travel mart.

“B-WIES ini dibagi menjadi dua bagian besar, yaitu Tourism Industry dan Others Commodity,” ujarnya.

Selaras dengan hal tersebut, Pemerintah Sumatra Barat menyambut baik penetapan ini sebagai momentum untuk meningkatkan perekonomian dan pariwisata di provinsi tersebut. (***)