Nicole: Tahun Depan Seri Pembuka F1 PowerBoat Championship Lake Toba

oleh -133 Dilihat

BALIGE—Founder F1 H2O Nicole disan Germano mengakui hadir di Danau Toba sebagai lokasi ajang perdana F1 Championship tahun 2023 ini mengatakan semua partisan atau peserta merasa di rumah sendiri.

“Di sini benar benar baik, saya pastikan tahun depan Danau Toba jadi ajang pembuka seri F1 Chanpionship,” ujar Nicole disan yang terkesima dengan Danu Toba dan masyarakat Balige yang menyambut seluruh partisan F1 PowerBoat 2023 dengan baik, Sabtu 25/2-2023.

Nicole sebagai pemberi lisensi lokasi F1 PowerBoat mengatakan cara orang Balige, orang Indonesia menyambut partisan dari berbagai negara.

“Kami seperti merasa di rumah sendiri saat pertama datang ke Indonesia” ujarnya.

Tentang race F1 PowerBoat di Danau Toba, Nicole mengatakan sangat potensial sekali.

“Dan saya optmis kami akan kenbali lagi ke sini tahun depan,” ujar Nicole.

Partisan F1 PwerBoat Championship, Marit Stromoy asal Norwegia menyatakan punya kesan tersendiri terhadap Danau Toba.

“Saya terkesima dan ini belum pernah saya rasakan di iven-iven di wilayah lainnya. Udaranya sangat dingin dan menjadi suatu pembeda,” ujarnya diikutip dari media center F1H2O.

Sementara speeder atau driver super boat Shaun Torrente asal AS akui bangga mendapat kesempatan pertama berkunjung ke Danau Toba.

“Danau Toba merupakan lokasi yang paling indah, dan semakin indah karena di sini ajang perdana F1 PowerBoat Championship 2023,”ujarnya.

F1 PowerBoat Championship 2023 di Danau Toba adalah pertama digelar di Indonesia.

Lomba pacu perahu super cepat ini tidak lepas dari support Presiden Jokowi dan Luhut Binsar Panjaitan serta beberapa kementerian dan lembaga negara lain dan pastinya Danau Toba jadi satu dari lima dedtinasi pariwisata super prioritas Indonesia.

Operator penyelenggara helat pertama F1 PowerBoat sejak Indonesia merdeka adalah BUMN Pariwisata yaitu InJourney dipimpin Dony Oskaria.

“Ini iven besar dan pertama di Indonesia, InJouney dipercaya untuk menyelenggarakannya dan mengurus lisensi dari F1H2O, semua berjalan sukses, karena didukung pak Presiden Jokowi, Ketua DPR RI, Pak Luhut Binsar Panjaitan, Pak Erick Thohir dan Menparekraf Sandiaga Uno, juga tak kalah pentingnya dukungan penuh Gubernur da Kapolda Sumut dan Pandam I Bukit Barisan serta Forkompida dan seluruh kepala daerah dan Forkompida kota dan kabupaten di Sumatera Utara,”ujar Dony Oskaria.

Satu hal yang menarik adalag gelara kelas dunia di Balige ini menjadikan konsep sport maritim kelas dunia denagn rekreasi warga.

*Perpaduan Sport dan Rekreasi*

Pantauan Ketua JPS Sumbar Adrian Tuswandi yang hadir sejak persiapan akhir hingga final besok Minggu 26/2-2023 adalah warga sangat antusias mengikuti setiap sesi dari F1 PowerBoat Championship ini.

“Ternyata penyebabnya, selain menyaksikan iven internasional juga bisa melakukan rekreasi dan healing ke spot eksotik di Balige Kabupaten Toba ini sepertinke Kaldera Nomandik Escape. Dan jadi wajar saat kualifikasi F1 PowerBoat sore tadi diundur Minggu pagi, tidak ada gerutu dan kusruh warga yang menonton langsung ajang itu,” ujar Toaik biasa Adrian disapa banyak kalangan di Sunbar maupun di nasional (***)