Wagub Audy Joinaldy Remikan Travel Mart WIES 2023

oleh -98 Dilihat

Padang,—Wakil Gubernur Sumbar Audy Joinaldy resmikan Travel Mart yakni pameran potensi pariwisata, produk UMKM dan ekonomi kreatif pada ivent World Islamic Entrepreneur Summit (WIES) 2023 di Pangeran Beach Hotel Padang, Rabu (6/9/2033).

Travel Mart sendiri merupakan  rangkaian acara WIES yang menghimpun stackholder pariwisata dunia.

“Travel Mart ini sejenis market untuk menjual tentang travel atau perjalanan, disini berkumpul stackholder pariwisata baik dari Indonesia maupun luar negeri,” kaya Audy.

Para peserta WIES terdiri dari Indonesia, Malaysia, Vietnam, Filipina, Thailand, Singapura, Timor Leste, India, Maroko, Kazakhstan, Kuwait, Uni Emirat Arab, Turkiye, Uzbekistan dan Spanyol.

Ajang  WIES 2023  diharapkan menjadi tonggak penting dalam memajukan sektor pariwisata halal dunia dan Sumbar bisa menjadi pusatnya.

Travel Mart yang membuka rangkaian WIES 2023 ini ditargetkan bisa menghubungkan pemangku kepentingan di sektor pariwisata, penjual dan pembeli dari DMO (Destination Marketing Organizations), operator tur, agen perjalanan wisata, maskapai, dan hotel serta pelaku bisnis dari negara-negara peserta

Para peserta WIES akan memiliki kesempatan menjalin jaringan, berbagi pengetahuan, dan menjajaki peluang bisnis menarik di sektor pariwisata halal yang diperkirakan bisa mencapai 1,8 miliar kunjungan tahun 2030.

“Kegiatan ini tidak hanya berdampak pada meningkatnya kunjungan wisata halal, namun juga perekonomian Sumbar,” ungkap Audy didampingi Ketua Panitia WIES 2023 Sari Lenggogeni, Kepala Dinas Pariwisata Luhur Budianda, Ketua ASITA Sumbar Darmawi, Ketua PHRI Sumbar Rina Pengeran, Ketua Tim Pengembangan dan Pemberdayaan Desa Wisata Sumbar Muhammad Zuhrizul dan Ketua Bidang Promosi WIES 2023 Yulviadi.

Sementara itu, Ketua Panitia Pelaksana WIES 2023 Sari Lenggogeni mengatakan, kegiatan WIES yang akan dihadiri Wakil Presiden RI Ma’aruf Amin ini merupakan kolaborasi Kementerian Pariwisata dan Ekonomi Kreatif bersama Pemprov serta Badan Promosi Pariwisata Daerah (BPPD) Sumbar.

“WIES 2023 bagian dari upaya menjadikan Indonesia sebagai pusat industri halal dunia, dan promosi kita untuk meningkatkan kunjungan wisatawan luar negeri ke Sumbar,” kata Sari.

Ketua Tim Pengembangan Desa Wisata Sumbar Zuhrizul yang juga salah seorang penggagas digelarnya WIES 2023 di Sumbar menyebutkan WIES 2023 menjadi kesempatan berharga bagi pelaku bisnis sektor pariwisata, UMKM dan ekonomi kreatif Sumbar untuk menjalin kemitraan dengan pelaku bisnis dunia yang hadir.

“Jika kita manfaatkan secara optimal, WIES ini dapat membuka kesempatan berharga bagi para pelaku bisnis khususnya sektor pariwisata dan UMKM dalam memperluas jejaring kemitraan dalam upaya meningkatkan kunjungan wisata halal dan pasar produk-produk Sumbar,” jelas Zuhrizul yang juga Owner Lawang Park.

Menariknya, dalam ajang Travel Mart ini panitia juga memasarkan potensi 12 desa dan nagari wisata yang berhasil meraih Anugerah Desa Wisata Indonesia (ADWI).

Para pokdarwis desa wisata tersebut tampak mempromosikan potensi wisata yang ada dalam bentuk brosur dan audio visual serta memajang langsung produk UMKM dan ekonomi kreatif khas dari daerah masing-masing.

Sebanyak 32 stand di ajang Travel Mart bisa disaksikan pengunjung WIES 2023 dari tanggal 6 sampai dengan 9 September 2023.

(**)