Pemerintahan

0
Spread the love

Pemerintah Provinsi Sumatera Barat dan panitia Peringatan Hari Besar Islam (PHBI) sepakat laksanakan Sholat Idul Adha 1441 H di tengah pandemi. Pelaksanaan Sholat Ied tersebut bertempat di halaman kantor Gubernur Provinsi Sumbar.

Dalam wawancara life di Pro RRI Padang (Selasa, 7 Juli 2020), Wakil Gubernur Sumbar Nasrul Abit memaparkan bahwa pelaksanaan sholat nanti akan merujuk pada protokol kesehatan.

“Tidak dibiarkan jamaah sholat dengan kondisi menumpuk, atur jarak, pakai masker, cuci tangan, bawa sajadah dan ambil wudhu dari rumah,” ujar Wagub.

Pelaksanaan sholat nanti tentunya tidak menutup kemungkinan adanya para perantau yang ikut sholat.

Untuk itu kita mintak Masyarakat disiplin, jika sedang batuk atau flu, tidak usah datang untuk sholat,” tambah Wagub.

Pada kesempatan itu Wagub juga menuturkan bahwa Idul Adha tahun sekarang tentu berbeda dengan Idul Adha tahun- tahun sebelumnya, karena kita laksanakan dalam suasana pandemi, tapi walau demikian tidak menyurutkan semangat masyarakat untuk tetap berqurban walau dalam masa sulit.

Berbicara tentang idul Adha, tentu tidak terlepas dari hewan ternak untuk qurban nantinya.
Menyikapi hal tersebut, sekretaris Dinas Peternakan Provinsi Sumatera Barat M. Kamil menjelaskan bahwa untuk hewan qurban Dinas Peternakan telah bekerja sama dengan petugas-petugas yang ada di Masjid/Musholla untuk melakukan pemeriksaan kepada hewan-hewan ternak yang akan dijadikan hewan qurban, yang telah dilaksanakan seminggu yang lalu.

Sementara untuk pelaksanaan qurban dan pembagian hewan qurban sendiri tetap dilaksanakan sesuai protokol kesehatan seperti; periksa suhu tubuh, pakai masker, jaga jarak, cuci tangan untuk semua petugas dan juga akan ada petugas Satpol PP nantinya.(RYH/MMC DiskominfoSB)

 

Facebook Comments

You may also like

Comments

Leave a reply

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

More in Pemerintahan