Gerakan Pangan Murah di Bangka Barat Diserbu Warga

oleh -64 Dilihat

BANGKA BARAT, —Gerakan Pangan Murah (GPM) yang diselenggarakan oleh Pemerintah Kabupaten Bangka Barat ramai diserbu oleh warga masyarakat yang ingin mendapatkan kebutuhan dengan harga jauh lebih murah.

Kegiatan yang digelar dalam rangka Hari Pangan se Dunia, atau “World Food Day” ini, dilaksanakan di lapangan Gelora Mentok Kabupaten Bangka Barat, Rabu, (18/10/2023).

Dinas Pertanian dan Pangan Kabupaten Bangka Barat selaku penyelenggara kegiatan menyiapkan bermacam kebutuhan masyarakat, di antaranya beras kualitas premium sebanyak 9 ton, beras kualitas medium 1 ton, minyak goreng 3500 liter, terigu 180 kg, gula pasir 320 kg, daging ayam 200 kg, cabe 51 kg, bawang merah 120 kg, bawang putih 33 kg, dan telur ayam 1500 butir, dimana dalam waktu sekejap ludes diserbu warga.

Azmal AZ selaku Kepala Dinas Pertanian dan Ketahanan Pangan Kabupaten Bangka Barat, yang juga inisiator GPM mengatakan bahwa kegiatan ini dilakukan dalam rangka memberikan kemudahan bagi masyarakat untuk memperoleh bahan pangan dengan harga yang terjangkau untuk mendukung stabilisasi pasokan dan harga pangan serta pengendalian inflasi daerah.

“Kami juga berkolaborasi dengan berbagai pihak untuk pelaksanaan GPM ini, di antaranya Perum Bulog Kantor Cabang Bangka, ID Food Bangka Belitung, perusahaan distributor minyak goreng, pedagang sembako, bahkan petani dan peternak mengisi gerai stand dengan komoditas pangan yang akan dijual ke masyarakat, tentu saja dengan harga murah di bawah harga pasar,” ujarnya.

Lanjut Azmal, dalam acara ini juga disediakan beberapa pusat pelayanan masyarakat yang bekerjasama dengan pihak terkait. “Selain GPM kami juga membuka berbagai pusat pelayanan seperti Pelayanan Sertifikasi dari Badan Karantina Indonesia Wilayah Kerja Mentok, Pelayanan Kesehatan Hewan, Pelayanan Pajak Kendaraan dalam rangka Program Pemutihan oleh SAMSAT, dan masih banyak yang lainnya,” jelas Azmal.

Bupati Bangka Barat H Sukirman, Wakil Bupati Bong Ming Ming dan Sekda Muhammad Sholeh serta pejabat pemerintah kabupaten mengapresiasi langkah yang dilakukan oleh Dinas Pertanian dan Ketahan Pangan, untuk mengurangi beban masyarakat dengan berbelanja murah.

“Saya sangat mengapresiasi kerja Dinas Pertanian dan Pangan yang telah berupaya melakukan kerjasama dengan berbagai pihak dalam rangka mengantisipasi kenaikan harga komoditi bahan pangan terutama beras di Kabupaten Bangka Barat,” ucap bupati.

”Semoga kegiatan ini dapat berjalan berkesinambungan, sehingga dapat membantu masyarakat untuk mengakses pangan dengan murah dan lebih terjangkau,” imbuhnya.

Selain kebutuhan pokok, stand juga diramaikan dengan produk dari sponsor seperti Honda, Bank Sumsel Babel dan Bank Mandiri Cabang Mentok, serta disediakan hadiah doorprize yang menarik.

 

(Rel)