Penguatan PPID Dhamasraya, Upaya Jadi Gerbang Keterbukaan Informasi Sumbar

oleh -109 Dilihat

Dhamasraya–Hari ini tanggal 22 maret 2022 di laksanakan Penguatan Kelembagaan PPID Dharmasraya dengan tema Mekanisme pemenuhan dan penyusunan informasi publik bertempat hotel Daima Padang.

Kabid IKP Kominfo Dharmasraya Misbahul, S.Si dalam laporan sebagai ketua pelaksana kegiatan melaporkan kegiatan ini dihadiri seluruh PPID Pelaksana di Pemkab Dharmasraya.

“Kita berharap terintegrasi PPID Pelaksana dengan PPID Utama sehingga penyusunan daftar informasi dapat maksimal” harap Misbahul.

Acara di buka oleh Kadis Kominfo Rovanly Abdams. M,Si yang mewakili Bupati Dharmasraya dalam sambutan nya memaparkan bahwa pentingnya optimalisasi peran PPID dalam menyampaikan program kerja yang dilaksanakan oleh Pemda.

“Kedepan kita akan melaksanakan program aplikasi Dharmasraya on click yang mana aplikasi sudah di siapkan tinggal launching dalam waktu dekat sehingga akses masyarakat dapat terpenuhi” tegas Rovanly.

Pemateri dari Komisi Informasi Propinsi Sumatera Barat diberikan oleh H Arif Yumardi, ST dan Tanti Endang Lestari. SIP. M.Si

“Penyusunan DIP merupakan salah tugas fungsi PPID yang sangat penting, sehingga lahir lah DIP yang sesuai dengan klasifikasi nya” jelas Tanti dalam materi nya

” Sengketa informasi muncul ketika Badan Publik tidak informatif, setelah melalui mekanisme permohonan di badan publik tersebut , masyarakat atau badan hukum tidak terpenuhi” jelas Arif salam materi Sengketa Informasi

Acara ini berlangsung satu hari penuh dengan di penuhi banyak pertanyaan dalam sesi diskusi. (***)