Puncak Peringatan Hari Koperasi Nasional Tahun 2023, KPN Kopertis Wilayah X Terima Penghargaan Koperasi Digital

oleh -102 Dilihat

PADANG, — Koperasi Pegawai Negeri (KPN) Kopertis Wilayah X menerima penghargaan sebagai Pengguna Fasilitas Koperasi Digital Telkomsel, pada Puncak Peringatan Hari Koperasi Tingkat Nasional ke-76 Tahun 2023 di Auditorium Kampus Universitas Negeri Padang (UNP) Air Tawar Padang, Minggu (23/7/2023).

Penghargaan yang diserahkan oleh General Manager (GM) SME Tele and Digital Channel Management PT Telkomsel I Nyoman Adiyasa itu diterima langsung Ketua KPN Kopertis Wilayah X Prof Suryani saat acara.

Ikut menerima penghargaan untuk kategori yang sama, Usma Ujang (Koperasi Puskud), Ell Yawardi (KPRI Unit Korpri Kantor Gubernur Sumbar), Ulva Mochtar Lutfi (Koperasi Konsumen Syariah Pegawai Negeri Politeknik Pertanian Payakumbuh), Amora Lubis (Koperasi KSPPS BTM Sumbar), Ardi Zalman (Koperasi LISNA PT PLN UID Sumbar), Firdaus Aziz (Kogantara), Rinaldi (KKSPN Politeknik Negeri Padang), Veri Wardi (Koperasi Konsumen Syariah Pegawai Negeri BPA Sumbar), dan Ernawati (KPPS Sumber Berkah SMPN 4 Padang).

Menurut I Nyoman Adiyasa, Telkomsel beberapa waktu yang lalu telah meluncurkan aplikasi Koperasi Digital dalam mengakselerasikan transformasi digital di berbagai sektor, khususnya sektor koperasi.

“Melalui aplikasi Koperasi Digital, pengguna dapat menikmati beragam manfaat mulai dari akses yang mudah dan intuitif, sistem inventarisasi yang terintegrasi, layanan simpan pinjam dan informasi SHU (Simpanan Hasil Usaha), proses operasional yang lebih efisien (paperless), serta proses monitoring dan reporting yang lebih mudah,” terangnya.

Untuk itu, sebut I Nyoman Adiyasa, Telkomsel di puncak peringatan Hari Koperasi ke-76 ini, memberikan penghargaan kepada 10 koperasi di Sumbar yang telah menggunakan aplikasi Koperasi Digital di dalam menjalankan manajemen dan usaha mereka sehari-hari.

Sementara itu, Prof Suryani, selaku Ketua KPN Kopertis Wilayah X berterima kasih kepada Telkomsel atas penghargaan yang telah diberikan kepada koperasi yang dipimpinnya. Termasuk kepada pimpinan LLDIKTI (Lembaga Layanan Pendidikan Tinggi) Wilayah X yang telah melakukan pembinaan terhadap koperasi selama ini.

“Ini menjadi pelecut bagi pengurus KPN Kopertis Wilayah X untuk lebih memaksimalkan pelayanan kepada anggota maupun usaha yang dijalankan,” ujar Guru Besar Universitas Perintis Indonesia (Upertis) Padang ini.

“Saat ini, digitalisasi di dalam berusaha, khususnya koperasi, adalah sebuah keniscayaan. Dan KPN Kopertis Wilayah X bekerjasama dengan Telkomsel mulai menjalankan aplikasi Koperasi Digital, sehingganya manajemen dan usaha yang dijalankan bisa berkembang dengan baik,” imbuh Prof Suryani.

Disampaikan Prof Suryani lebih lanjut, KPN Kopertis Wilayah X yang didirikan 31 tahun yang silam ini, memiliki 444 orang anggota yang tersebar di Sumbar, Riau, Jambi dan Kepri, sesuai dengan wilayah administrasi LLDIKTI Wilayah X, serta memiliki asset sebanyak Rp7,5 miliar.

Adapun usaha koperasi, kata Prof Suryani, meliputi simpan pinjam, pembiayaan kredit sepeda motor dan barang-barang elektronik, serta umrah. Kemudian usaha lainnya, seperti mini market, fotokopi dan kantin.

“Ada juga usaha penerbitan jurnal penelitian dan pengabdian pada masyarakat, karena kita adalah lembaga pendidikan tinggi dan membutuhkan publikasi hasil penelitian dan pengabdian yang merupakan IKU lembaga. Dan kemudian jasa penyelenggaraan workshop trik pembuatan artikel ilmiah, baik untuk SINTA maupun SCOPUS,” pungkas Prof Suryani.

Turut hadir saat acara Puncak Peringatan Hari Koperasi Nasional ke-76 Tahun 2023 itu, Menteri Perindustrian RI Agus Gumiwang Kartasasmita yang mewakili Menko Perekonomian RI Airlangga Hartato, Ketua Umum Dekopin Nurdin Halid, Gubernur Sumbar Mahyeldi Ansharullah, Wagub Sumbar Audy Joinaldy, Ketua Dekopin Sumbar Hendra Irwan Rahim, para penerima penghargaan/award dari seluruh Indonesia, serta pelaku koperasi dari kabupaten/kota yang ada di Sumbar. (Rel)