Pemerintahan

Sumbar Terbaik Kendalikan Covid-19, Irwan Prayitno : Kita Menerapkan Standar WHO

0
Spread the love

Padang,—Presiden Joko Widodo Rabu kemarin sebut Sumbar menjadi lima provinsi terbaik menanganani covid-19.

Sukses kendalikan virus corona di Sumbar menurut Gubernur Irwan Prayitno tidak lepas dari solidnya tim Gugus Tugas Daerah, para media dan akademisi serta support TNI dan Polri di Sumbar.

Pasalnya sejak 22 Maret kasut pertama, 26 Mei Sumbar menjadi provinsi ke empat terbanyak positif covid-19 dan pasien positif paling banyak di Sumatera.

”Sejak kasus postif covid-19 pertama terjadi 22 Maret 2020 lalu, kita terus melakukan koordinasi dengan para medis dan ahli epdemiologi. Kita mengikuti pedoman Kemenkes RI yang mengadopsi pengananganan covid-19 dari Badan Kesehatan Dunia (WHO). Peran laboratorium Diagnostik dan Riset Terpadu Penyakit Infeksi Fakultas Kedokteran Unand dipimpin dr Andani Eka Putra serta kerja keras dokter dan para medis melakukan pengambilan sample swab. Sehingga 3T ditekankan pak presiden Sumbar sebenarnya sejak awal sudah melakukan,”ujar Irean Prayitno, Kamis 16/7 di Padang.

Tracing masif, Tracink Cepat, Testing dan Treatmen, itu yang diterapkan Sumbar untuk memutus dan mengendalikan penyebaran covid-19.

Selain itu menurut Irwan Prayitno tidak terlepas solidnya tim Gugus Tugas Daerah se Sumbar, didukung penuh Polri dan TNI. Dampak positifnya penerapan ketat Pembatasan Sosial Berskala Besar dan meneroakan pembatasan ketat pelintas orang dari pintu batas Sumbar berjalan maksimal.

“Tapi, sekali pun hari ini postivity rate Sumbar terkecil di Indonesia. Saya tetap himbau masyarakat untuk tidak lengah, terus terapkan dengan dsiplin protokol kesehatan, pakai masker tang benar, rajin cuci tangan dan jaga jarak serta hindari kerumunan orang,”ujar Irwan Prayitno.

Menurut Gubernur Sumbar ini, kunci mengendalikan virus korona adalah disiplin masyarakat menerapkan
protokol kesehataan.

”Walau di Tatanan Normal Baru Produktif dan Aman Covid-19. Kita terus melakukan sosilaisasi untuk memberikan pemahaman bahwa virus korona belum ada obatnya. Jadi mesti angka positif penambahannya sedikit, waspada harus terus,”ujar Irwan Prayitno.

Rabu kemarin Presiden Jokowi di Istana Bogor saat membuka pengarahan kepada Gubernur se Sumbar, Rabu 15 Juli 2020 menyebut Sumbar termasuk lima provinsi terbaik mengendalikan virus korona.

“Saya mengapresiasi kerja provinsi-provinsi, Bapak Ibu sekalian para gubernur, dan dalam penanganan Covid-19, ini dari seluruh parameter yang kita miliki memang DIY (D.I. Yogyakarta) yang paling baik,” kata Jokowi sebagaimana dikutip dari situs resmi Sekretariat Kabinet.

“Terus ada Bangka Belitung, juga masuk. Ini yang lima besar yang baik. Bangka Belitung, Pak Gub Aceh juga masuk, yang ketiga. Sumbar (Sumatera Barat) juga masuk, dan Gorontalo. Ini dengan parameter yang dimiliki Gugus Tugas (Percepatan Penanganan Covid-19),” lanjut Presiden.(rilis)

Facebook Comments

You may also like

Comments

Leave a reply

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

More in Pemerintahan