Usung Sinergi dan Kolaborasi Menuju Prestasi Sumatera Barat, Rakerprov KONI Sumbar Resmi Dibuka

oleh -108 Dilihat

Padang,— Gubernur Sumatera Barat Mahyeldi Ansharullah yang diwakili oleh Kadispora Maifrizon membuka secara resmi Rapat Kerja Provinsi (Rakerprov) KONI Sumatera Barat di salah satu hotel Kota Padang, Sabtu 12 Agustus 2023.

Dalam sambutannya, Maifrizon menyampaikan bahwa pemerintah provinsi mendukung penuh olahraga Sumbar. Dan ia mengajak seluruh stakeholder bahu membahu untuk memajukan prestasi olahraga Sumatera Barat.

“Saya tertarik dengan tema Rakerprov KONI Sumbar ini. Sinergi dan Kolaborasi Menuju Prestasi Sumatera Barat Yang Gemilang. Dan ini memang yang harus kita lakukan bersama,” ucapnya.

Ditambahkannya, komunikasi menjadi hal yang penting dalam membangun sinergi dan kolaborasi. Terstruktur dari kota/kabupaten hingga provinsi.

Hal yang sama juga disampaikan oleh Ketua Umum KONI Sumbar, Ronny Pahlawan bahwa untuk memajukan olahraga Sumatera Barat tidak bisa di lakukan secara sendiri-sendiri, butuh kerjasama semua pihak terutama dukungan pemerintah provinsi.

“Kemarin, Gubernur Sumbar telah menyerahkan secara simbolis dana pembinaan atlet dan pelatih Sumbar. Atlet dan pelatih yang mendapat uang pembinaan ini merupakan atlet dan pelatih peraih medali emas pada PON 2021 Papua,” jelasnya.

“Uang pembinaan ini diberikan kepada atlet dan pelatih yang masih memperkuat Ranah Minang hingga saat ini dan dipersiapkan untuk menghadapi PON 2023.” tambahnya.

Ronny berharap dengan bantuan uang pembinaan ini mampu meningkatkan semangat atlet untuk mengukur prestasi selanjutnya.

“Bagi atlet dan pelatih yang belum memperoleh dana pembinaan baik andalan, binaan dan potensial bisa termotivasi untuk berprestasi dan mendapat bantuan dana serupa,” jelasnya.

Menyinggung target menuju PON 2024, Ronny menargetkan mampu meloloskan atlet sebanyak-banyaknya untuk berangkat ke PON. Tentunya, tidak hanya kuantitas, namun juga kualitas dengan mampu mendongkrak prestasi melebihi capaian pada PON sebelumnya.

“Kita tentunya akan fokus menghadapi babak kualifikasi PON, baik Porwil dan Kejurnas Pra PON,” tutupnya.

Sementara, Wakil Ketua Umum I KONI Pusat, Suwarno yang hadir mewakili Ketua Umum Marciano Norman, mengingatkan berbagai hal dalam meningkatkan prestasi olahraga masing masing daerah.

Di antaranya, kerjasama KONI kota/kabupaten, provinsi sampai ke pusat. Termasuk, anggaran, program latihan dan fokus.

Selain itu, dia juga menyampaikan, evaluasi KONI Pusat yang dilakukan sewaktu PON lalu, dimana prestasi berbanding lurus dengan besaran anggaran yang disediakan oleh tiap-tiap daerah

“Saya apresiasi Gubernur Sumbar yang telah memberikan bantuan uang pembinaan untuk atlet Sumbar yang berprestasi di PON Papua,” tutupnya. (***)