Pemerintahan

Wagub bersama Kapolda Sumbar Kunjungi “Nagari Tageh Rumah Gadang”

0
Spread the love

Padang,—Melalui inisiasi Kapolda Sumbar bersama Pemerintah Daerah Kota Padang gagas kawasan percontohan aman Covid-19. Kawasan percontohan tersebut terletak di Komplek Puri Berlindo Sumber Mas Kubu Dalam Parak Karakah Kec. Padang Timur dengan nama “Nagari Tageh Rumah Gadang”, yang berarti “Kawasan tangguh yang berada di ranah minang”.

Daerah percontohan aman Covid ini dimaksudkan manjadi pilot project dan contoh bagi daerah lain. Dengan adanya Nagari percontohan ini, kedepannya diharapkan akan muncul nagari-nagari percontohan aman covid yang lain.

Dalam peresmian “Nagari Tangguh Rumah Gadang” (Kamis, 25 Juni 2020), Wakil Gubernur mengapresiasi, Polda Sumbar dan Pemko Padang beserta jajarannya, karena telah menciptakan nagari percontohan aman covid.
Selain itu Wagub memaparkan bahwa nagari tageh yang berada di kawasan Puri Berlindo ini dilengkapi dengan fasilitas keamanan, sosial ekonomi, kesehatan dan fasilitas informasi.

Selanjutnya Wagub sampaikan bahwa pasca Covid dan memasuki new normal, komplek Puri Berlindo menyediakan tempat isolasi, dapur umum, dan perekonomiannya juga jalan, seperti banyaknya Home Industri yang berada di Komplek Puri Berlindo.

“Suatu model nagari yang harus dicontoh untuk membuat Nagari Tageh di Kabupaten/Kota yang lain,” ucap Wagub.

Sementara itu Kapolda Sumatera Barat Toni Hermanto dalam wawancara kepada awak media menjelaskan bahwa terbentuknya Nagari Tageh ini sesuai
Instruksi Bapak Presiden serta menjawab isu-isu Covid, terutama isu-isu keamanan, maka melalui kerjasama Forkompinda, Kapolres, Babinkamtibmas dibentuknya Nagari Tangguh.
Rencananya kedepan akan ada 36 daerah di Sumatera Barat yang nantinya akan jadi kawasan percontohan.

“Mudah-mudahan menjadi role model di tempat lain,” ujar Kapolda.

Turut hadir Walikota dan Wakil Walikota Padang, Danrem 0312 Wirabraja, Kapolresta, Camat Padang Timur, Kapolsek Padang Timur, Babinkamtibmas, DIinas Kesehatan, Media cetak dan elektronik.

(RYH /MMC DiskominfoSB)

 

Facebook Comments

You may also like

Comments

Leave a reply

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

More in Pemerintahan