Pemerintahan

Perawat Pahlawan Penanganan Covid-19

0
Spread the love

Padang,—Wakil Gubernur Sumatera Barat Nasrul Abit memberi apresiasi kepada petugas medis khususnya tenaga perawat dalam penanganan Pandemi Covid-19.

“Yang paling banyak terlibat adalah rekan-rekan perawat, orang-orang yang menjadi pahlawan penanganan Covid-19. Selamat kepada para perawat,” kata Wagub Nasrul dalam paparannya selaku Narasumber pada Webinar Persatuan Perawat Nasional Indonesia (PPNI) Kota Padang, Selasa (14/07/2020).

Pada webinar yang mengusung tema Sinergi Pemerintah dan Profesi Kesehatan dalam Pengendalian Covid-19 di Sumbar, Wagub menuturkan bahwa kesehatan masyarakat merupakan prioritas yang tidak bisa ditawar.

“Komitmen kesehatan adalah hal yang utama, bagaimana memutus mata rantai penularan Covid-19, kami tidak pernah melihat kewenangan siapa, ini adalah tanggung jawab bersama,” tegas Wagub.

Menurutnya, hingga saat ini Pemprov Sumbar masih mengeluarkan berbagai kebijakan menyangkut pengendalian Covid-19 di Provinsi Sumatera Barat.

“Sistem kesehatan, jaring pengaman sosial, pemulihan sektor ekonomi serta adaptasi kebiasaan baru,” ujarnya.

Sistem kesehatan telah dilakukan penambahan sarana prasarana pada rumah sakit rujukan dan rekruitmen tenaga kesehatan tanggap darurat Covid-19 yang meliputi tenaga dokter, ahli gizi, perawat, bidan dan lainnya.

Sebelumnya melalui kerjasama dengan Laboratorium Biomedik Fakultas Kedokteran Universitas Andalas, diupayakan peningkatan fasilitas pemeriksaan sampel Covid-19.

“Pemerintah juga telah menyediakan alokasi dana jaring pengaman sosial yang jumlahnya mencapai 506 Milyar,” katanya.

Fase selanjutnya adalah pemulihan sektor ekonomi, salah satu melalui pembukaan kembali berbagai destinasi wisata dengan tetap menerapkan protokol kesehatan.

Menyangkut penerapan adaptasi kebiasaan baru, Wagub mengimbau agar seluruh komponen masyarakat bisa disiplin protokol kesehatan, seperti cuci tangan, menggunakan masker, jaga jarak dan sebagainya.

Terakhir Wagub Nasrul Abit menyampaikan ucapan terima kasih atas pengabdian seluruh tenaga medis yang telah ikut berjuang menangani Pandemi Covid-19.

“Mudah-mudahan terus melandai dan segera berakhir, selamat berkerja tetap semangat,” pungkasnya. (ISC/ MMC Diskominfo/SB)

 

Facebook Comments

You may also like

Comments

Leave a reply

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

More in Pemerintahan