Pemerintahan

Pramuka Bentuk Karakter Generasi Muda Bangsa Tangguh Hadapi Pandemi Covid-19

0
Spread the love

Pariaman,—Keberadaan Pramuka sangat penting memperkuat karakter bangsa dalam menciptakan generasi yang pintar, jujur, bertanggung jawab, dan peduli terhadap sesama. Untuk itu, sekolah-sekolah diminta mengaktifkan kembali gerakan pramuka, karena ini pendidikan karakter yang bersamaan dengan pembelajaran formal.

Demikian disampaikan Ketua Kwartir Daerah (Kwarda) 03 Gerakan Pramuka Sumbar, Nasrul Abit saat melantik dan mengukuhkan Majelis Pembina Cabang (Mabicab) 16 Gerakan Pramuka Kota Pariaman Masa Bakti 2019-2024, di Aula Kantor Wali Kota Pariaman, Senin (13/7).

Pendikan karakter mutlak diperlukan, agar generasi muda mampu menghadapi masa depan yang penuh tantangan. Selain keagamaan, pendidikan pramuka salah satu yang bertanggungjawab terhadap pengembangan karakter tersebut. Implementasinya dapat terlihat tatkala menghadapi pandemi Covid-19.
“Karakter pramuka peduli sesama tampak ketika mereka sosialisasi dibeberapa daerah dan nagari. Adek-adek ini aktif terjun ke masyarakat, membagikan masker, memberi penjelasan apa itu social distancing, dan memberi pemahaman cara aman produktif Covid-19 dengan menerapkan protokol kesehatan yang benar,” terang NA, panggilan akrab Nasrul Abit.

Dia menambahkan, saat ini Indonesia berada dalam adaptasi kehidupan baru dan fase penyelamatan ekonomi. Akibat pandemi, perekonomian terpuruk, masih ada beberapa profesi yang statis dan tak bisa bergerak.
“Pelaku hiburan dan kesenian daerah masih belum bisa berusaha. Kita musti memikirkannya, jangan sampai angka kemiskinan meningkat. Disini peran kepala daerah dalam membuat kebijakan,” imbuhnya.

Terkait keelokan alam Kota ‘Tabuik’, Nasrul mengatakan, potensi pariwisata Pariaman amatlah bagus dan menjanjikan, tak kalah dengan daerah lain di Indonesia.
“Tidak semua daerah punya potensi pariwisata bagus. Ini modal besar bagi Pariaman. Kembangkan, provinsi akan me-support. Saya mengingatkan, jangan berpatokan pada PAD saja, terpenting multiplier effect-nya. Pedagang sekitar hidup dan kesejahteraan masyarakat meningkat,” ingat Nasrul Abit.

Terakhir Nasrul Abit mengatakan pelantikan tersebut merupakan proses administrasi kepengurusan baru setelah masa periode kepengurusan lama berakhir.
“Terima kasih kepada pengurus yang lama atas kinerja dan komitmennya membangun gerakan pramuka di Kota Pariaman. Selanjutnya, selamat kepada seluruh pengurus yang baru, selamat bertugas,” pungkasnya.

Sementara itu Ketua Kwarcab Gerakan Pramuka Kota Pariaman yang baru, Genius Umar mengatakan, sebagai bagian character building, pramuka dapat membangun bangsa lebih baik dimasa depan. Semangat volunteer (kerelawanan) yang didapat dari pramuka bisa diaplikasikan dalam membantu sesama.
“Sifat relawan tersebut ditularkan ke adek-adek dibawahnya. Sistim pendidikan nasional menegaskan pramuka sebagai extrakurikuler wajib ditingkat sekolah. Untuk itu, seluruh sekolah di Kota Pariaman saya instruksikan menggiatkan kembali gerakan pramuka,” sebut Genius.

Selain pendidikan karakter, Genius juga menginginkan fungsi pramuka sebagai pariwisata, dengan menghadirkan even-even nasional dan internasional kepramukaan di bumi Pariaman.
“Kita siap jadi tuan rumah even-even pramuka. Seharusnya tahun ini diadakan youth summer camp se-Asia Pasific, tetapi karena Covid-19, ditunda. Mudah-mudahan tahun depan dapat terselenggara,” ungkapnya.

Turut hadir dalam acara pelantikan dan pengukuhan, Ketua Harian Kwarda Pramuka Sumbar, Forkompimda Kota Pariaman, beberapa kepala OPD Pemkot Pariaman serta rekan-rekan media. (JR/EK)

 

Facebook Comments

You may also like

Comments

Leave a reply

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

More in Pemerintahan