Tekan Kemiskinan Ekstrim, PT Semen Padang Bantu Percepatan Pembangunan Rumah Layak Huni di Pesisir Selatan 

oleh -618 Dilihat

Pessel — PT Semen Padang bersama Balai Pelaksana Penyedia Perumahan (BP2P) Sumatera III, Direktorat Jenderal Perumahan, Kementerian PUPR serahkan untuk percepatan pembangunan rumah layak huni dalam rangka Penanganan Kemiskinan Ekstrim (PKE) di Sumbar.

Bantuan berupa semen tersebut diserahkan secara simbolis di Kampung Sapan, Nagari Koto Nan Duo IV Koto Hilie, Kecamatan Batang Kapas, Kabupaten Pesisir Selatan, Kamis (18/1/2024). Diketahui, di Kabupaten Pesisir Selatan, bantuan PKE tersebut diserahkan kepada 63 rumah yang berada di Kecamatan Tarusan dan Batang Kapas.

Bantuan tersebut diawali penyerahan dari PT Semen Padang yang dilakukan Kepada Bidang Penjualan PT Semen Padang Dani Oktavianus kepada Koordinator Kabupaten Bantuan Stimulan Perumahan Swadaya (BSPS) Ria Deliasti. Selanjutnya diserahkan ke penerima bantuan Elizufitri bersama suaminya Iwen.

Hadir juga dalam kesempatan, didampingi Kepala Bidang Institutional Relation (Insrel) PT Semen Padang Idris dan staf Firma Yudi, Wali Nagari Koto Nan Duo IV Koto Hilie Mardika yang diwakili Kepala Kampung Sapan Irwen dan Fasilitator PKE Batang Kapas Hendra Desnofal.

Wali Nagari Koto Nan Duo IV Koto Hilie Mardika diwakili Kepala Kampung Sapan Irwen mengatakan, pihaknya berterima kasih kepada PT Semen Padang yang telah memberikan bantuan kepada masyarakat dalam rangka Penanganan Kemiskinan Ekstrim (PKE) ini.

“Terimakasih banyak kepada PT Semen Padang. Masyarakat yang menerima bisa merasakan langsung manfaat atas bantuan PT Semen Padang untuk pembangunan rumahnya yang sedang dalam proses,” katanya.

Perwakilan penerima bantuan Elizulfitri didampingi suaminya Iwen juga menyampaikan hal yang senada dengan Irwen. Pasangan suami istri yang sehari-hari bekerja sebagai pengepul barang bekas ini mengucapkan terimakasih kepada PT Semen Padang.

“Terimakasih PT Semen Padang yang telah memberikan bantuan semen kepada kami. Semoga rumah kami dapat selesai dan bisa kami tempati,” kata dia.

Diketahui, bantuan ini diberikan merupakan tindak lanjut dari Perjanjian Kerjasama (PKS) antara PT Semen Padang dengan Balai Pelaksana Penyedia Perumahan (P2P) Sumatera III di Pekanbaru, pada Juni 2023 lalu.

Penandatanganan PKS itu terkait percepatan pemenuhan Rumah Layak Huni (RLH) dalam penanganan kemiskinan ekstrem itu, melalui pemberian bahan material pada program Bantuan Stimulan Perumahan Swadaya (BSPS) di Provinsi Sumbar, Riau, dan Kepulauan Riau.

Sebelumnya, bantuan berupa semen juga disalurkan kepada 59 unit rumah tidak layak huni yang tersebar di beberapa kecamatan di Kota Padang diantaranya, Bungus Teluk Kabung, Lubuk Kilangan, Padang Barat, Padang Selatan dan Pauh, pada Senin (4/12/2023).