Hadir Di WIES 2023, Wapres Ma’ruf Amin Arahkan Pelaku Usaha Untuk Pacu Pengembangan Ekonomi Syariah

oleh -188 Dilihat

PADANG,—Wakil Presiden (Wapres) RI, Ma’ruf Amin mengatakan bahwa pengembangan ekonomi syariah memerlukan proses memacu pertumbuhan (inkubasi) para pelaku usaha.

Arahan tersebut disampaikan Wapres Ma’ruf Amin dalam sambutannya saat menghadiri World Islamic Entrepreneur Summit (WIES) 2023 di Hotel Pangeran Beach Padang, Jumat (8/9/2023).

Wapres juga mengapresiasi kehadiran delegasi 24 negara dalam pertemuan tersebut. Ini mengindikasikan dukungan bagi Indonesia untuk menjadi pusat ekonomi syariah dan industri halal dunia.

“Tugas kita adalah memperbanyak pelaku usaha berbasis halal, dan fokus ke ekonomi syariah melalui proses inkubasi (penyemaian/memacu pertumbuhan). Sebab, calon pengusaha berbasis halal itu ada, tapi belum tumbuh. Sehingga, butuh edukasi soal pemasaran, serta pindah dari sistem konvensional ke syariah, dan lain sebagainya,” ucap Wapres.

Sementara itu, Gubernur Sumbar, Mahyeldi Ansharullah menyebutkan, bahwa Pemprov Sumbar memiliki program menciptakan 100 ribu enterprenuer baru untuk memperkuat SDM pelaku usaha. Di mana, jika diinkubasikan dengan baik, maka 100 ribu enterpreneur baru itu akan menjadi kekuatan industri halal dan ekonomi syariah di Sumbar.

“Bagi Sumatera Barat, tahun 2023 adalah tahun yang penting untuk membangkitkan kembali perekonomian yang sempat jatuh akibat pandemi Covid-19,” ucap Mahyeldi.

Oleh karena itu, sambung Mahyeldi, Sumbar mengagendakan berbagai program dan kegiatan seperti Visit Beautiful West Sumatera 2023. Termasuk pelaksanaan WIES kali ini, yang diyakini juga mendukung sektor pariwisata Sumbar, karena peserta juga diberikan fasilitas perjalanan pariwisata untuk mengenal berbagai destinasi unggulan Sumbar.

“WIES 2023 jelas memberikan dampak yang sangat baik bagi Sumbar. Memberikan edukasi dan memperluas relasi pelaku UMKM berbasis halal, sehingga berpotensi memperluas pasar ke luar negeri. Kita akan mempersiapkan agenda WIES yang lebih matang pada 2024 nanti,” kata Gubernur Mahyeldi.

Dalam kesempatan yang sama, Menteri Pariwisata dan Ekonomi Kreatif RI, Sandiaga Uno menyebutkan bahwa WIES 2023 merupakan wadah untuk membuka peluang dan wawasan bagi pengusaha Indonesia, yang dalam agenda ini menjadi terhubung dengan para pengusaha dan saudagar dari 24 negara.

“WIES adalah summit yang hak intelektualnya dimiliki provinsi Sumbar. Kami mendukung penuh karena kami yakin ekosistem halal dunia bisa ditopang dari Sumbar,” kata Menteri Sandiaga.

Mas Menteri Sandiaga juga mengapresiasi Srikandi Hebat Sumbar yang juga Ketua Panitia WIES 2022, Dr. Sari Lenggogeni, yang sukses menghadirkan 24 negara dalam ajang yang baru pertama kalinya digelar di Indonesia.

WIES sendiri berlangsung di Padang pada 6-9 September 2023 dengan kegiatan mencakup G2G Summit, Travel Mart & Exhibition, ASEAN Youth Digital Fest, Women-Preneurship Modest Fashion dan Pameran UMKM di Pangeran Beach, Padang KulineRun di Hotel Truntum, dan West Sumatra Halal Market di Masjid Raya Sumbar. (***)