Lakukan Operasi Pasar di Tiga Daerah, Pertamina dan Hiswana Sumbar Pastikan Pasokan Gas LPG 3 Kg Lancar

oleh -127 Dilihat

PAYAKUMBUH,— Dalam rangka memastikan isu yang terjadi dan melakukan penyaluran LPG 3kg tercukupi untuk kebutuhan rumah tangga dan usaha mikro, PT Pertamina Patra Niaga dan Hiswana Migas Sumbar berkolaborasi dengan pemda setempat menggelar operasi pasar gas LPG 3kg serentak pada hari Sabtu 10/6-23 dan rencana nya akan dilanjut hingga hari Selasa 13/6-23 di wilayah 3 kota/kab, yakni Kab. Tanah Datar, Kota Payakumbuh, serta Kab. 50 Kota, dan dapat dilanjutkan apabila dirasa masih diperlukan operasi pasar.

Pihak Pertamina, SBM Rayon IV Sumbar. M. Yudhistira menyebutkan penyaluran Kota Payakumbuh over 109%, Kabupaten Tanah Datar over 111%, dan Kabupaten 50 Kota over 105% dari kuota masing2 kota.

“Dengan penyaluran over dari Pertamina ini sebenarnya apabila tersalurkan dengan baik, maka akan sangat mencukupi kebutuhan rumah tangga serta kebutuhan produksi usaha mikro.” Ucap Yudhistira.

Sementara itu, tim Hiswana Migas Sumbar yakni Ujang UK, Heru Syafrudin, Bayu dan Erid membuktikannya dengan meninjau langsung beberapa titik lokasi pangkalan gas LPG di Kota Payakumbuh dan 50 Kota.

“Jadi kita pantau secara langsung di beberapa titik operasi pasar, alhamdulillah gas LPG 3 Kg tersedia untuk masyarakat. Pasokan dari Agen ke pangkalan tidak ada masalah, masyarakat juga mengakui saat ini tidak sulit mendapatkan gas LPG 3 Kg ini” Ungkap Ujang kepada media.

Salah satu Operasi Pasar PT Abinaya Sukma Persada, di pangkalan Kurnia Sari Devita, Payolansek, Payakumbuh Barat mengakomodir 280 tabung gas, dan masyarakat tampak antusias karena bisa mendapatkan tabung gas dengan harga eceran tertinggi (HET) Rp 17.000.

Bayu Vesky pemilik agen PT Abinaya Sukma Persada menyebutkan kondisi pasokan tabung gas LPG 3 Kg stabil dan kondusif, terbukti dari beberapa operasi pasar yang dilakukan oleh 6 agen di Kota Payakumbuh dan 6 agen di Kab. 50 Kota berlangsung lancar dan tidak ada penumpukan antrian masyarakat.

“Ini membuktikan masyarakat di kota Payakumbuh masih bisa mendapatkan gas LPG 3 Kg dengan mudah, tidak benar ada isu kelangkaan gas LPG 3 Kg disini” Tegas Bayu yang juga sebagai koordinator Agen LPG 3 Kg di Kota Payakumbuh.

Kondisi yang sama juga terlihat di beberapa titik di Kab. 50 Kota antara lain di pangkalan Khairianis, Situjuah 50 Kota dari Agen PT. Mitra Prakarsa Padistra.

“Pasokan kami disini lancar sesuai dengan kebutuhan masyarakat dan hari ini masuk 280 tabung gas elpiji 3 kg sudah terjual kurang lebih 50 tabung, alhamdulillah tidak ada kerumunan masyarakat yang ingin membeli LPG 3 Kg” Ucap Khairianis.

Senada dengan pernyataan diatas, pemilik Agen PT Maju Sehati Sejahtera Erid Korlap Tanah Datar yang menyelenggarakan operasi pasar menyatakan kondisi pasokan lancar dan pendistribusian berjalan kondusif.

Menurut Heru S, salah satu pintu penyelewengan adalah penyaluran di lapangan, oleh karena itu salah satu strategi untuk mempersempit celah penyalahgunaan LPG 3kg ini dengan melaksanakan operasi pasar.

“Perlu ada gerakan bersama dalam melakukan sosialisasi kepada masyarakat yang menggunakan LPG 3kg untuk kepentingan industri seperti hotel, restoran, kafe, binatu, peternakan ayam agar dapat segera beralih ke LPG non subsidi sehingga tidak mengurangi jatah masyarakat yang kurang mampu.” Tutup Heru. (monsis)