Untuk Tingkatkan Kualitas, 29 Pelaku Usaha Mikro Ikuti Pelatihan Barber 

oleh -160 Dilihat
IDCloudHost | SSD Cloud Hosting Indonesia

PADANG,— Walikota Padang yang diwakili Plt Kadis Koperasi UKM Drs. Ferri Erviyan Rinaldy, MM. membuka secara resmi “Pelatihan Barber bagi Pelaku Usaha Mikro Binaan Dinas Koperasi UKM Kota Padang” di Hotel Axana, Rabu (7/6/2023). Pelatihan berlangsung hingga Jum’at (9/6/2023).

Pelatihan Barber yang diikuti 29 peserta ini berlangsung selama tiga hari, 7-9 Juni 2023 dengan target agar peserta dapat meningkatkan kemampuan dan pengembangan jiwa berwirausaha yang produktif, inovatif dan kreatif.

Menurut Ferri Erviyan Rinaldy, saat ini permasalahan yang dihadapi oleh pelaku usaha mikro adalah masih lemahnya kualitas daya saing produk, kurangnya inovasi, kreatifitas dan terbatasnya pengembangan potensi usaha.

Maka, salah satu jawaban atas permasalahan itu adalah Dinas Koperasi UKM Kota Padang menyelenggarakan pelatihan yaitu memberikan keterampilan kepada pelaku usaha yang bergerak di bidang jasa untuk meningkatkan kemampuan serta kreatifitasnya.

“Barber merupakan salah satu bisnis yang menjanjikan. Bisnis ini tidak mengenal musim, yang dapat dikolaborasikan dengan bidang usaha lain seperti make up artist dan seni kerajinan hairstylish,” kata Plt Kadis Koperasi UKM Ferri Erviyan Rinaldy.

Pelatihan ini sejalan dengan visi misi Kepala Daerah periode 2019-2024 yaitu mewujudkan Kota Padang yang madani berbasis pendidikan, perdagangan dan pariwisata unggul serta berdaya saing. Mewujudkan hal itu, maka sasaran strategisnya adalah memberdayakan dan mengembangkan koperasi serta meningkatkan kualitas usaha mikro dan kecil.

Pada tahun 2022 di Kota Padang tercatat 41.787 pelaku usaha. Sampai dengan bulan April 2023 jumlah itu meningkat menjadi 41.899 pelaku usaha. Peningkatan ini karena bertumbuhnya pelaku usaha millenial dan kompetitor usaha musiman.

Sementara itu Kabid Pemberdayaan UKM Diskop UKM Kota Padang Wismeliar Teinike Yulvera, S.S.MM dalam laporannya mengatakan, bahwa Pelatihan Barber ini dalam bentuk pemaparan dan praktek langsung dengan bimbingan instruktur serta juga diberikan motivasi berusaha oleh narasumber motivator berpengalaman.

Diharapkan para peserta Pelatihan Barber yang telah mengikuti pelatihan ini dapat meningkatkan wawasannya, makin kreatif dalam menjalankan usahanya serta dapat pula menjadi motivator bagi pelaku-pelaku usaha lainnya.

Menurut Kabid Pemberdayaan UKM Diskop UKM W. Teinike Yulvera, bahwa nara sumber yang dihadirkan dalam Pelatihan Barber ini adalah Dinas Koperasi UKM Kota Padang, Tim Kreatif Barber Pro dan motivator.

Dalam acara pembukaan Pelatihan Barber ini hadir utusan Dinas Tenaga Kerja dan Perindustrian, Dinas Pariwisata dan Dinas Perdagangan Kota Padang. (*)