Pembukaan Porwil Sumatera XI Riau, Bakal Dihadiri Menpora Dito Ariotedjo

oleh -542 Dilihat

PEKANBARU – Pembukaan helat Pekan Olahraga Wilayah (Porwil) XI Sumatera 2023 Riau, bakal dihadiri Menpora Dito Ariotedjo di Provinsi Riau akan dilaksanakan pada 4-14 November 2023. Rencananya, pembukaan Porwil Sumatera XI ini akan dilaksanakan di Halaman Kantor Riau, Sabtu (4/11/2023).

Ketum KONI Riau Iskandar Hoesin menyebutkan, rencana Menpora akan membuka Porwil XI ini pasca menerima Gubernur Riau Syansuar, bersama ketua PB Porwil XI Sumatera Jhoni Irwan, Ketua KONI Riau, Iskandar Hoesin, Wakil Ketua III KONI Pusat Mayjen TNI (Purn) Andrie TU Soetarno, Kadispora Riau, Boby Rahmat dan beberapa Pengurus PB Porwil, Jumat lalu.

“Sebagai tuan rumah dan penyelenggara pertandingan, pihaknya sudah menyiapkan segala sesuatunya. Mulai dari sukses penyelenggaraan, sukses prestasi, sukses ekonomi kemasyarakatan dan sukses administrasi,” ujar Iskandar wartawan, Jumat (3/11/2023).

Ia menyebut, Menpora menyambut baik dan mengapresiasi Riau sebagai tuan rumah Porwil Sumatera. Beliau menyatakan siap untuk menghadiri pembukaan Porwil XI Sumatra 4 September mendatang.

Ketua PB Porwil XI Sumatera Jhoni Irwan menjelaskan, Gubernur langsung menyerahkan undangan kepada Menpora dan menyampaikan bahwa Riau sebagai tuan rumah,l sudah menyiapkan venue pertandingan 10 cabang olahraga yang akan dipertandingkan.

Ada dua lokasi daerah yang akan menjadi tuan rumah, di antaranya Kota Pekanbaru dan Kabupaten Kampar.

“Kita sudah menyampaikan venue-venue yang akan menjadi tempat pertandingan. Semua venue merupakan berstandar Nasional karena pernah dipakai untuk PON di Riau,” kata Jhoni.

Ia berharap, Riau sebagai tuan rumah bisa sukses melaksanakan Porwil XI Sumatera ini dengan baik. Dalam pelaksanaannya, PB Porwil juga sudah berkoordinasi dengan Walikota Pekanbaru dan Bupati Kampar sebagai tempat pelaksana.

“Harapan kita sebagai tuan rumah tentu yang terbaik. Walikota Pekanbaru dan Bupati Kampar merespon, dan mendukung kegiatan porwil. Kami minta juga semua masyarakat men-suport, waktu kita hanya tinggal 77 hari lagi. Ini waktu sangat singkat diharapkan dapat memaksimalkan venue yang ada,” harapnya.

Gubri Syamsuar mengatakan, bersama PB Porwil XI Sumatra, berkunjung ke Kemenpora untuk mendapatkan dukungan. Ia bersama rombongan bertemu dengan Menpora melaporkan segala persiapan yang telah dilakukan Provinsi Riau dan berharap Menpora dapat hadir untuk membuka kegiatan tersebut.

“Saat itu saya menyampaikan kesiapan Provinsi Riau untuk melaksanakan kegiatan porwil XI Sumatera kepada Menpora dan berharap Menpora berkenan untuk hadir membuka porwil ini. Saya menyampaikan ada 10 cabor yang dipertandingkan, 4 diantaranya adalah cabor baru untuk dipertandingkan yakni wushu, e-sport, bola tangan dan barongsai. Semoga kita dapat mendulang lebih banyak emas diperhelatan porwil ini,” ujar Syamsuar. (drd)