Sumbar Pulang Dengan Kepala Tegak

oleh -829 Dilihat

Pekanbaru – Gelaran Pekan Olahraga Wilayah (Porwil) XI-2023 segera berakhir. Berdasarkan jadwal, penutupan akan berlangsung pada 14 November mendatang.

 

Sejauh ini atlet Sumbar yang turun di Porwil Riau telah memberikan hasil terbaik. Ketua KONI Sumbar, Ir Ronny Pahlawan bersyukur duta-duta olahraga Ranah Minang mampu bersaing dalam perburuan medali sehingga besar kesempatan finish di undakan ketiga klasemen umum.

 

Tercatat beberapa data dan fakta selama pelaksanaan Porwil yang dibukukan kontingen Sumbar. Berikut catatannya.

 

1. Cabor Bola Voli Putra Putus Rekor 27 Tahun tak Tampil di PON

 

Cabor Bola Voli akhirnya mampu mengamankan medali emas sekaligus lolos PON setelah penantian selama 27 tahun.

 

Tim bola voli Sumbar mengalahkan tuan rumah di hadapan ribuan suporter mereka dengan skor 3-1 pada partai final, Minggu (12/11/2023) malam di Gelanggang Remaja, Pekanbaru.

 

Keberhasilan ini menjadi salah satu kebanggaan bagi Sumatera Barat pada Porwil kali ini. Apalagi perebutan medali emas harus menghadapi tuan rumah yang di dukung publik sendiri.

 

2. Cabor Sepakbola Sudahi Puasa Tampil di PON

 

Rekor yang tak kalah bagus dibukukan Cabor Sepakbola. Di babak kualifikasi PON di Riau, Tim Sumbar tampil menjanjikan, dalam empat pertandingan tidak sekalipun tersentuh kekalahan.

 

Berdasarkan regulasi, Cabor Sepakbola dinyatakan lolos PON karena tampil sebagai finalis.

 

Artinya Cabor bergengsi tersebut telah memutus rapor buruk gagal tampil di PON selama dua kali pelaksanaan (PON Jabar dan Papua) terakhir kali Sepakbola tampil di PON 2023 yang juga pelaksanaannya di Riau.

 

3. Barongsai Borong Empat Emas

 

Cabor yang baru pertama kali dipertandingkan di Porwil, Barongsai tampil trengginas di Porwil 2023.

 

Cabor ini nyaris menjadi juara umum dan menyumbang empat keping medali emas untuk Sumatera Barat.

 

Barongsai bakal menjadi salah satu Cabor andalan pada PON 2024 mendatang.

 

4. E-Sport Juara Umum

 

Satu lagi Cabor yang baru pertama kali dipertandingan di Porwil 2023 yakni E-Sport yang ternyata mampu membuat kejutan dan merealisasikan dua keping medali emas untuk Sumatera Barat pada Porwil 2023 sekaligus tampil sebagai juara umum.

 

Cabor ini juga menjadi salah satu Cabor potensi medali emas untuk Sumbar pada PON 2024 mendatang.

 

5. Seluruh Cabor Memperoleh Medali

 

Dari 10 cabang olahraga yang tampil di Porwil 2023, seluruh Cabor mampu menyumbang medali, baik itu emas, perak ataupun perunggu.

 

Berdasarkan data dari media center Porwil, sejauh ini tercatat 80 medali telah di kumpulkan kontingen Sumatera Barat. Terdiri dari 21 medali emas, 35 perak dan 24 medali perunggu.

 

Pada Porwil tahun ini terjadi pengurangan jumlah medali. Sebelumnya di Porwil Bengkulu 2019 lalu, medali emas yang di perebutkan sebanyak 168 medali emas dari 11 Cabor yang dipertandingkan.

 

Sementara di Porwil XI-2023 hanya memperebutkan 144 medali emas dari 10 Cabor yang dipertandingkan.

 

6. Perbaiki Posisi

 

Meski hanya di ikuti oleh 8 provinsi lantaran Aceh dan Sumut tidak ikut sebab bertindak sebagai tuan rumah PON 2024, namun tetap saja Sumbar sukses memperbaiki posisi klasemen umum.

 

Saat ini dan kemungkinan tak akan berubah, Sumbar dipastikan bertengger di posisi ketiga klasemen umum.

 

Pada Porwil 2019 lalu, Sumbar berada di peringkat ke-4 namun dengan jumlah peserta 10 provinsi. (HMS)