Arif Yumardi Bikin Heboh di Forum Bimtek PPID se Pemkab Mentawai

oleh -116 Dilihat

Tuapeijat, —Wakil Ketua Komisi Informasi Sumbar H Arif Yumardi bikin heboh Bimbingan Teknis PPID Pelaksana se Pemkab Mentawai digelar Kominfo Mentawai, Selasa 12 Juli 2022.

 

Haji Arif tampil sebagai narsumber yang membentangkan soal Pejabat Pengelola dan Dokumentasi (PPID) baik tugas, regulasi dan struktural.

 

“PPID itu, pejabat sentral dalam pengelolaan informasi publik tentang anggaran dan program dari Organisasi Perangkat Daerah (OPD) se Pemkab Dharmasraya,” ujar Arif Yumardi.

 

Putra Painan Pesisir Selatan ini mampu membuat peserta Bimtek gregetan tentang keterbukaan informasi publik.

 

“Jangan PPID itu keberadaannya di atas kertas saja, OPD ada PPID yakni sekreatris darii OPD, tapi apa itu tugas dan fungsi PPID semuanya tidak tahu, apalagi menganggap PPID Utama tanya informasi publik sudah seperti wartawan pula jangan begitu harus ada kolaborasi dan sinergisitas kerja mengelola informasi publik menuju Mentawai Kabupaten Informatif,”ujar Arif Yumardi.

 

Pada sesi tanya jawab, peserta antusias bertanya bahkan soal penting dan gunanya keterbukaan informasi publik.

 

Ada yang bertanya soal hasil Pansel pejabat ada soal integrasi pengelolaan informasi di OPD dengan PPID Utama.

 

“Ini pentingnya Bimtek, bertanya apa saja asal tidak keluar dari kontek, saya bangga kepada peserta ynag sangat antusias bertanya soal segala metek PPID,” ujarnya.

 

Bahkan Arif bikin cair suasana di Aula Graha Viona ketiak menyentil kok pegawai di badan publik sangat terbuka informasi dengan eksis di media sosial.

 

“Eee pas informasi publik di badan publik pada nggak mau mengeksisnya kan aneh, sementara Pj Bupati Mentawai di pembukaan Bimtek kemarin tegas mengatakan tidak ada rahasisa atau ditutupi soal informasi publik di Mentawai,” ujar Arif tersenyum.

 

Bimtek Penguatan Kapasitas Keterbukaan Informasi Publik bagi PPID Pelaksana Lingkup Kabupaten Mentawai digelar dua hari Senin-Selasa, menghadirkan narasumber dari Dinas Kominfotik Sumbar, Komisi Informasi Sumbar dan Yayasan Citra Mandiri. (***)