Masuk 10 Besar Monev KI Sumbar, Arisman Bgd Sutan: Sebuah Surprise Bagi Sungai Rumbai Timur

oleh -157 Dilihat
IDCloudHost | SSD Cloud Hosting Indonesia

Dharmasraya, — Nagari Sungai Rumbai dan SMAN 1 Sitiung perdana dipotret keterukaan informasi publiknya.

Apalagi jadi sasaran Tim Monev Verifikasi Faktual (Verfak) itu karena masuk nominasi dalam rangka anugerah keterbukaan informasi publik 2022.

“Terus terang ini sebuah kebanggaan bisa dinilai tahap III oleh Tim Monev KI Sumbar, langsung hadir di Ketua KI Sumbar pak Nofal Wiska,” ujar Arisman Bgd Sutan, Senin 24/10-2022.

Arisman pun pede kalau sudah didatangi Tim Monev KI Sumbar pasti jalan menjadi terbaik terbuka lebar.

“Ajari kami dan kami siap patuh taat terhadap regulasi tentang Ketebrbukaan Informasi Publik, seperti Pebup Pengelolaan Informadi Kabupaten Dharmasraya, Perki 1 Tahun 2008, Perki 1 tahun 2021 dan UU 14 tahun 2008,” ujar Arisman Bgd Sutan yang di Pilwana serentak 2022 kembali dipilih jadi Walinagari Sungai Rumbai Timur untuk ketiga kalinya.

Sementara di SMAN 1 Sitiung Kepseknya optomis mampu meraih hasil terbaik pada Monev KI Sumbar 2022.

“Menerapkan keterbukaan informasi publik, badan publik seperti sekolah tidak beban dan tidak sesuatu yang menakutkan,” ujar Kepala. Sekolah SMAN 1 Sitiung Yunita SPd. MM Senin siang.

Bahkan kata Yunita justu dengan keterbukaan menurut UU 14 Tahun 2007, sekolah bisa terhinda dari recokan pihak-pihak ynag tak punya legal standing meminta informasi publik.

“UU 14 tahun 2008, dikuatkan dengan SOP pengelolaan informasi publik menjadi tameng mengantisipasi pihak tak berkepentingan meminta informasi di sini,” ujar Yunita.

Yunita dan Arisman Bgd Sutan mengaku optimis mampu meraih prediket tertinggi pada Monev KI Sunbbar 2022, Tim Monev KI Sunbar ke Dharmasraya sampai Selasa dipimpin Nofal Wiska, dengan anggita Adrian Tuswandi dan dua Verifikator Tiwi dan Anggi. (***)